160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT

RSUD AWS Samarinda jadi Rujukan Pasien Kanker, Dilengkapi Instalasi Kedokteran Nuklir

Penampakan RSUD AWS Samarinda.
750 x 100 AD PLACEMENT

RUMAH Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) menjadi satu-satunya rumah sakit di Indonesia Timur yang dilengkapi dengan instalasi kedokteran nuklir dan radioterapi.

Instalasi ini membuat RSUD AWS Samarinda menjadi rujukan pasien pelayanan kanker dari wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Direktur RSUD AWS dr David Hariadi Masjhoer mengungkapkan, instalasi kedokteran nuklir ini merupakan salah satu dari delapan RS di Indonesia yang memiliki fasilitas serupa.

Instalasi ini dapat memberikan layanan terapi serta diagnostik sekaligus dan menjadi satu-satunya di luar pulau Jawa. Fasilitas serupa ada di Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

“Untuk rumah sakit di Kota Medan dan Surabaya hanya dapat melakukan layanan diagnostik. Sementara di AWS bisa terapi dan diagnostik sehingga menjadi satu-satunya di luar jawa,” jelas dr David Hariadi Masjhoer dikutip dari laman Pemprov Kaltim, Rabu (17/5/2023).

Kepala Instalasi Kedokteran Nuklir RSUD AWS, dr Habusari Hapkido menjelaskan, kedokteran nuklir merupakan suatu spesialis kedokteran yang menggunakan energi radiasi terbuka dari inti nuklir untuk menilai fungsi suatu organ, mendiagnosa, dan mengobati penyakit. (*)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT