160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

45 Titik Panas di Kaltim Terdeteksi Lagi

Informasi sebaran titik panas di Provinsi Kaltim pada Minggu (19/3/2023) yang dirilis BMKG Balikpapan Senin (20/3) (HO/BMKG Balikpapan)
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mengingatkan waspada titik panas di Kaltim yang terdeteksi akhir pekan lalu. Sebanyak 45 titik panas di Kaltim terpantau di beberapa wilayah. Sejumlah pihak diminta untuk waspada dan saling menjaga.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Diyan Novrida mengatakan, 45 titik panas tersebut terpantau sepanjang Minggu (19/3) mulai pukul 01.00 hingga pukul 24.00 WITA.

“Sebaran titik panas tersebut langsung kami informasikan ke pihak terkait agar dapat dilakukan penanganan,” ujarnya, Senin (20/3/2023).

Sebelumnya, BMKG Stasiun Balikpapan juga telah mengeluarkan peringatan terhadap deteksi 11 titik panas di 3 kabupaten di Kaltim yakni Berau, Kutai Kartanegara, dan Kutai Timur. Titik panas yang sebelumnya terpantau pada Hari Sabtu (19/3/2023) tersebut telah padam setelah dilakukan penanganan pihak terkait.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sementara itu, 45 titik panas yang terpantau sepanjang hari Minggu berada di titik koordinat berbeda dengan sebelumnya. Kendati ada yang masih dalam satu kabupaten maupun kecamatan yang sama. Dia merinci, 45 titik panas tersebut, yakni Kabupaten Kutai Barat ada 1 titik di Kecamatan Linggang Bigung dengan memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Berikutnya 8 titik di Kabupaten Berau, yaitu di Kecamatan Biatan, Sambaliung, Segah, Tabalar, dan Teluk Bayur masing-masing ada 1 titik. Sisanya, dua titik di Kecamatan Gunung Tabur. Kabupaten Kutai Kartanegara terpantau 12 titik panas terpantau di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Kembang Janggut, Muara Badak, Samboja, dan Tenggarong Seberang yang semuanya terdapat satu titik.

Masih di Kutai Kartanegara, tiga titik panas terpantau di Kecamatan Kota Bangun satu titik, Kecamatan Loa Janan, dan Loa Kulu. Sedangkan 24 titik panas di Kutai Timur tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Kaubun terdapat 11 titik dan Kecamatan Bengalon terdeteksi delapan titik panas.

Diyan mengimbau semua elemen untuk sama-sama menjaga, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan dan tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan, terutama di hutan atau lahan yang mudah terbakar. (*)

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT