160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Dispora Kaltim Tingkatkan IPP Melalui Program SPPKD

750 x 100 AD PLACEMENT

DINAS Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) terus menunjukkan komitmennya dalam memberdayakan pemuda di Benua Etam dengan fokus pada peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Kalimantan Timur. Sebagai langkah inovatif, Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim menggelar Pelatihan Tim Enumerator Sentra Pemberdayaan Pemuda Desa/Kelurahan (SPPDK) di Grand Elty Hotel Tenggarong, Minggu, (12/11/2023).

Pelatihan tersebut diikuti oleh 25 pemuda dari Kelurahan Maluhu, Kutai Kartanegara, sebagai upaya konkret untuk melibatkan pemuda dalam proses pembangunan. Bahri, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, menjelaskan bahwa SPPDK merupakan program pertama Dispora Kaltim yang diarahkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI untuk membuat SPPDK di berbagai daerah.

“Para pemuda di daerah yang akan didata diberi pelatihan agar dapat melakukan pendataan dengan baik. Saat ini, pemuda yang dilatih berasal dari Kelurahan Maluhu,” ujar Bahri.

Kegiatan SPPDK melibatkan pemuda dalam pendataan seperti sensus pemuda dan pembuatan data spasial suatu desa/kelurahan. Proses ini juga melibatkan akademisi dari IPB dan Tim Enumerator dari Fakultas Ekologi Manusia IPP. Pelatihan Tim Enumerator berlangsung selama 4 hari, dan setelahnya, akan dilakukan pengambilan data presisi desa di Kelurahan Maluhu mulai 26 November hingga 8 Desember 2023.

“Pemanfaatan dari data ini sangat diperlukan karena bisa menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan lebih lanjut. Contohnya, klaster pelatihan bidang tertentu seperti pelatihan kewirausahaan pemuda,” tambah Bahri.

750 x 100 AD PLACEMENT

Langkah Dispora Kaltim ini bukan hanya tentang memberdayakan pemuda tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam penyusunan kebijakan dan program di berbagai wilayah. Data yang dihasilkan dari SPPDK dapat menjadi landasan bagi pemangku kepentingan lainnya untuk merancang kegiatan atau program khusus yang sesuai dengan kebutuhan wilayah tersebut. Sebuah upaya terpadu yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pemuda dan masyarakat setempat. (adv)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT