160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Tahun Ini Ada Tiga Agenda Besar Pariwisata Berau

Kepulauan Maratua yang menjadi salah satu destinasi pariwisata di Kalimatan Timur – JIBI/Istimewa
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Tiga agenda besar pengembangan pariwisata di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur akan terlaksana tahun ini.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Berau, Gamalis saat berkunjung ke Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim pekan lalu, Plt Kepala Dispar Kaltim H Irvan Rivai menyebutkan Pemerintah Kabupaten Berau menyiapkan tiga agenda besar tahun ini.

Kunjungan Wabup Gamalis pada Kamis (13/7/2022) itu, lanjut Irvan, selain bersilaturahim juga berkoordinasi terkait pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Berau.

Antara lain, sebutnya, rencana pembukaan bandara di Pulau Kaniungan yang akan dilalui pesawat amfibi, model bisnis ekowisata berkelanjutan di kawasan Pulau Kaniungan Besar.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Dan ditunjuknya Berau sebagai tempat penyelenggaraan Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia,” kata Irvan Rifai, Senin (18/7/2022).

Karenanya, jelas Irvan, kedatangan Wakil Bupati Berau ke Dispar itu dalam keperluan meminta data guna memperkuat argumen dalam proses penyusunan rencana kegiatan.

“Sekaligus masukan untuk kebijakan yang akan diberikan kepada para pemimpin, baik itu Gubernur maupun Bupati Berau,” ungkapnya.

Kedepannya, tambah Irvan, pihaknya berharap tetap saling berkoordinasi dan menyinkronkan program-program kepariwisataan, sehingga saling membantu dan memperkuat kepariwisatan Kalimantan Timur.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Ahmad Herwansyah menambahkan Dispar siap menjadi leading dari proses pembukaan bandara yang rencananya akan dilewati oleh pesawat amfibi.

“Selain itu, kami telah menyiapkan masterplan terkait model bisnis ekowisata berkelanjutan di kawasan Pulau Kaniungan Besar, dimana rencananya FGD akan diselenggarakan pada akhir Juli atau awal Agustus ini,” jelasnya saat mendampingi Plt Kadispar Kaltim.

Sementara itu, dari sisi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Endang Effendi mengatakan tahun ini Kabupaten Berau diwakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah mengusulkan beberapa kalender event ke provinsi guna menggaet wisatawan, hanya saja Kabupaten Berau belum lolos menembus Kharisma Event Nusantara (KEN) yang prakarsai oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Lanjut dia, masalah kekurangan data dan belum maksimalnya event yang diusulkan. Ke depan, pihaknya mendampingi dalam proses penggarapan event sehingga tahun mendatang Kabupaten Berau dapat meloloskan salah satu event. Seperti Maratua Jazz Dive Fiesta atau Festival Pedalaman Dayak Bekudung Betiung.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Restiawan Baihaqi memaparkan sisi pemasaran telah menjalin kerja sama dengan beberapa agent travel untuk Kabupaten Berau.

Namun masalahnya, Kaltim terkendala cost tranportasi udara yang cukup tinggi, sehingga mengurangi minat para agent travel membawa wisatawan ke destinasi wisata Benua Etam.

“Namun tidak menutup kemungkinan, jika harga turun, mereka siap untuk datang ke kabupaten yang terkenal dengan keindahan under waternya itu,” tutup Baihaqi dalam rilisnya.**

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT