PLN Bangun Gardu Induk 30 MVA untuk Dukung Smelter Nikel di Balikpapan

BALIKPAPAN – PLN sedang mempercepat pembangunan gardu induk baru di Tempadung, Kariangau, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur.

Proyek megah ini bertujuan untuk mendukung transmisi listrik menuju smelter nikel milik PT Mitra Murni Perkasa (MMP), dengan target listrik 140 kV siap mengalir pada akhir tahun 2024.

Menurut General Manager PLN UIP KLT, Raja Muda Siregar, pembangunan gardu induk dan sembilan menara SUTT (saluran udara tegangan tinggi) sepanjang 4,7 km sedang berlangsung.

Proyek ini ditangani oleh PT Hasta Karya Perdana dan PT Indisi, dan diharapkan dimulai segera setelah perizinan diperoleh.

Sebelumnya, PLN telah menyelesaikan proyek serupa di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan sukses, termasuk pembangunan gardu induk berkapasitas 120 MVA dengan GIS (Gas Insulated Switchgear).

Fasilitas ini berhasil dioperasikan tanpa mengganggu sistem kelistrikan eksisting dalam waktu kurang dari setahun.

Dengan transmisi SUTT yang membentang lebih dari 52,8 km, proyek ini tidak hanya meningkatkan infrastruktur listrik regional, tetapi juga mendukung keberlanjutan industri nikel di Kalimantan Timur.

PLN berkomitmen untuk menjaga progres sesuai jadwal demi mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui penyediaan infrastruktur listrik yang handal dan efisien. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *