Viral! Video Orangutan Raksasa di Pemukiman Kaltim Hebohkan Media Sosial

Sebuah video yang menampilkan seekor orangutan berukuran besar, setinggi atap rumah, viral di media sosial.

BONTANG – Sebuah video yang menampilkan seekor orangutan berukuran besar, setinggi atap rumah, viral di media sosial. Video ini diunggah oleh sejumlah akun di berbagai platform seperti Instagram, TikTok, X, hingga Facebook, dan memperlihatkan orangutan yang berada di pemukiman wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam video tersebut, orangutan besar tersebut terlihat berada di sekitar pemukiman, menggapai dahan pohon untuk bergelantung. Pohon di sekitarnya terlihat tidak terlalu besar, menambah kesan betapa besar ukuran orangutan tersebut.

Menanggapi video viral ini, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim, Ari Wibawanto, menyebut pihaknya masih menelusuri lokasi orangutan tersebut.

“Dari kemarin kami sudah melakukan upaya identifikasi dan penelusuran dari media sosial dan lain-lain. Kemudian juga dari kemarin sampai hari ini teman-teman WRU (Wildlife Rescue Unit) kami juga mencari lokasi yang dimaksud (Kutim),” kata Ari Wibawanto.

Ari menjelaskan bahwa dari video yang diterima, pihaknya belum dapat memastikan lokasi pasti orangutan tersebut. Menurutnya, informasi yang beredar di media sosial masih simpang siur.

“Ya, jadi masih simpang siur. Sayangnya, peng-upload pertama video itu sudah men-take down upload mereka. Jadi agak susah kami mencari informasi lebih lanjut, tapi kami tetap mencari lokasi yang sesuai dengan video tersebut,” terangnya.

“Kami belum memastikan lokasinya ada di mana, apakah di Kalimantan Timur, Kalbar, atau Kalteng. Belum bisa menentukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ari menjelaskan bahwa dari pengamatannya, orangutan yang terekam warga tersebut merupakan orangutan jantan dan juga merupakan orangutan senior.

Sementara terkait ukuran orangutan yang dinarasikan hampir setinggi rumah warga, menurut Ari hal itu disebabkan oleh sudut pengambilan video.

“Tapi kita tetap mencari lokasi yang sesuai dengan video tersebut,” ungkapnya.

Dengan viralnya video ini, masyarakat diharapkan tetap tenang dan melaporkan jika menemukan satwa liar di pemukiman agar dapat segera ditangani oleh pihak berwenang. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Satu komentar tentang “Viral! Video Orangutan Raksasa di Pemukiman Kaltim Hebohkan Media Sosial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *