160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Rusunawa di Bontang jadi Ruang Isolasi COVID-19

Ilustrasi Rusunawa Guntung, Bontang. [dok]
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Pemerintah Kota Bontang, Kalimantan Timur, memfungsikan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Guntung, Bontang Utara, menjadi tempat alternatif isolasi mandiri (isoman). Rusunawa ini mulai ditempati pasien bergejala ringan maupun tanpa gejala yang terkonfirmasi Covid-19 sejak Selasa 13 Juli 2021 lalu.

Menurut Penanggung Jawab Medis Isoman Rusunawa Guntung, dr. Irzal Wijaya, pemfungsian Rusunawa Guntung ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19. Namun, tidak hanya pasien Covid-19 yang akan menempati rusunawa itu.

“Kalau pasien melonjak, kami akan manfaatkan lantai 4 juga. Cuman saat ini yang kami siapkan 50 kamar dulu,” ujar dr. Irzal Wijaya.

Dari total 50 kamar yang dapat digunakan untuk pasien isoman, paien Covid akan berada di 2 kamar pada Lantai 1, dan 48 kamar lainnya di Lantai 2 dan Lantai 3, dengan kapasitas 24 kamar.

750 x 100 AD PLACEMENT

Rusunawa Guntung juga mendapatkan penjagaan keamanan 24 jam dari tim gabungan dari TNI/Polri, BPBD, Satpol PP dan beberapa instasi terkait lainnya. Keluarga yang ingin mengantar makanan atau kebutuhan pasien Covid-19 selama isoman pun dapat menitipkan kepada petugas jaga.

Lebih lanjut, dr. Irzal Wijaya menambahkan, pasien Covid-19 yang melakukan isoman akan mendapat pelayanan makan tiga kali sehari, obat dan vitamin. Kemudian bagi pasien yang ingin berjemur selama isoman cukup berada di kamar masing-masing.

“Enam atau tujuh pasien yang melakukan isoman di sana sampai hari ini. Ada logistik yang dibutuhkan selama isoman. Mulai dari persediaan oksigen, obat-obatan, APD, ambulan dan berbagai kebutuhan lainnya,” ujar dr. Irzal Wijaya.

Rencananya, tempat Isolasi Mandiri Rusunawa Guntung ini akan difungsikan selama 3 bulan ke depan. Jika kasus konfirmasi melandai, Rusunawa akan kembali ke fungsi semula. (dh)

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Satu komentar tentang “Rusunawa di Bontang jadi Ruang Isolasi COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT