160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Manfaat Kayu Bajakah, Obat Tradisional Kalimantan Diklaim Penyembuh Kanker

Bajakah merupakan tanaman liar yang tumbuh di pedalaman Kalimantan Tengah.
750 x 100 AD PLACEMENT

SAMARINDA, newsborneo.id – Manfaat kayu bajakah mulai diketahui masyarakat luas setelah tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya memenangkan medali emas dalam ajang World Invention Creativity Olimpic (WICO) yang diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan.

Penelitian mengenai manfaat kayu bajakah sebagai obat kanker berawal dari pengetahuan salah satu siswa, Yazid, mengenai pengobatan alternatif menggunakan bajakah yang dijalani neneknya saat menderita kanker payudara.

Bajakah merupakan tanaman liar yang tumbuh di pedalaman Kalimantan Tengah. Saat viral beberapa tahun lalu, banyak orang tertarik dengan manfaat kayu bajakah, kemudian memburunya.

Para pemburu itu berasal dari berbagai daerah di luar Kalimantan. Masyarakat Kalimantan sendiri sudah mengetahui manfaat kayu bajakah sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit secara turun-temurun.

750 x 100 AD PLACEMENT

Bagi Anda yang tertarik dengan kayu bajakah, berikut beberapa manfaatnya.

1. Meringankan Pegal

Manfaat kayu bajakah yang pertama yaitu dapat meringankan pegal. Masyarakat sekitar telah mempercayai manfaat kayu bajakah ini secara turun temurun.

Seseorang yang sering merasa pegal karena pekerjaan atau pun kegiatan lainnya, disarankan untuk minum air rebusan atau teh dari kayu bajakah. Dengan mengonsumsi air kayu bajakah ini, rasa pegal dapat berkurang, dan badan akan terasa lebih ringan.

2. Obat Kanker

Manfaat kayu bajakah yang satu ini sempat heboh di masyarakat Indonesia. Sebelumnya, hal ini tidak diketahui oleh masyarakat hingga ada penelitian yang dilakukan oleh siswa SMAN 2 Palangkaraya bahwa manfaat kayu bajakah bisa digunakan untuk menyembuhkan kanker.

750 x 100 AD PLACEMENT

Penelitian kayu bajakah yang diaplikasikan di tubuh tikus putih oleh Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat memang menunjukkan hilangnya sel tumor dalam waktu 2 minggu.

Meski penelitian ini memberikan hasil yang positif, Kementerian Kesehatan RI meluruskan bahwa manfaat kayu bajakah sebagai obat kanker pada manusia masih perlu penelitian lebih lanjut. Ini karena adanya keterbatasan penelitian sebelumnya yang baru memperlihatkan positif dari efek kayu bajakah pada hewan.

Kepala Tim Patroli Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Singkil Wilayah Kuala Baru, Admi mencoba meminum tetesan air kayu bajakah di hutan rawa Singki, kawasan Kuala Baru, Aceh Singkil, Selasa (20/8/2019).
3. Cegah Penuaan Dini

Manfaat kayu bajakah yang juga perlu diperhatikan yaitu, penggunaannya untuk mencegah penuaan dini. Antioksidan merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan dan minuman dengan antioksidan tinggi akan mencegah kulit keriput, membuat kulit lebih kencang dan juga halus.

4. Menjaga Imunitas

Manfaat kayu bajakah selanjutnya yaitu, menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Manfaat kayu bajakah ini didapat berkat adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Hal ini tentu akan sangat berguna bagi tubuh untuk menangkal serangan penyakit.

750 x 100 AD PLACEMENT

Untuk mendapatkan khasiatnya, kalian bisa mencoba menyeduh teh kayu bajakah rutin setiap hari, terutama pada pagi hari saat kondisi perut masih kosong.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kayu bajakah juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka serta dapat menghentikan pendarahan pada luka. Manfaat kayu bajakah yang satu ini tidak lepas dari kandungan senyawa saponin dan tannin yang ada di dalamnya.Senyawa-senyawa ini diketahui dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka.

Hal ini tentu sangat berguna untuk mendukung proses penyembuhan luka. Oleh karena itu, penggunaan salep dengan ekstrak kayu bajakah maupun tetesan air rebusan kayu bajakah bisa menjadi pilihan untuk mengobati luka.

6. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat kayu bajakah yang selanjutnya yaitu dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah sel-sel rusak yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Ketika tubuh memiliki kadar radikal bebas yang berlebih, akan menyebabkan kerusakan pada sel lainnya, hingga dapat menjadi sumber penyakit.

Kayu bajakah memiliki kandungan senyawa fenolik yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat. Kandungan inilah yang dinilai dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Selain untuk menangkal efek radikal bebas, antioksidan juga memiliki peran penting lainnya bagi tubuh, seperti untuk penyembuhan penyakit degeneratif, seperti diabetes, kerusakan hati, penyakit kardiovaskuler, dan kanker.

7. Meredakan Disentri

Manfaat kayu bajakah bisa dirasakan ketika kalian mengalami disentri. Masyarakat sekitar percaya bahwa manfaat dari kayu bajakah juga bisa dijadikan sebagai obat disentri, atau infeksi pada usus yang menyebabkan diare.

Penyembuhan disentri pada saluran pencernaan ini dinilai akan lebih cepat dengan adanya kandungan anti bakteri yang ada pada kayu bajakah.

8. Mencegah Infeksi Bakteri

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kayu bajakah juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah infeksi bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli. Manfaat kayu bajakah ini diduga juga berasal dari kandungan senyawa alaminya, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol.

Itu beberapa manfaat kayu bajakah yang berguna bagi kesehatan. Selain mengetahui hal tersebut, Anda juga perlu tahu bahwa kayu bajakah ini merupakan tanaman liar yang sulit dibudidayakan. Kebijaksanaan dalam memburu kayu bajakah ini sangat diperlukan. (ris)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Satu komentar tentang “Manfaat Kayu Bajakah, Obat Tradisional Kalimantan Diklaim Penyembuh Kanker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT