Gubernur Kaltim Pimpin Apel HUT Damkar ke-104 Tahun yang Dipusatkan di Bontang

Peringatan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan ke-104 tahun dipusatkan di Lapangan Bessai Berintai, Bontang, Kamis (9/3/2023).

newsborneo.id – Peringatan HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan ke-104 tahun dipusatkan di Lapangan Bessai Berintai, Bontang, Kamis (9/3/2023).

Gubernur Kaltim Isran Noor memimpin apel HUT Damkar dan Penyelamatan ke-104 tahun. Dalam membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri RI mengatakan peringatan HUT ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tahun in.

Isran membawa pesan kepada seluruh elemen bangsa Indonesia untuk tetap menggalang solidaritas, jiwa patriot serta memperkuat pengabdian aparatur pemadam dan penyelamatan di seluruh Indonesia, sehingga mampu melahirkan pemadam kebakaran dan penyelamatan yang tangguh.

“Dengan semangat dan ketangguhan itu lah, akan mendorong masyarakat untuk terus tumbuh demi mewujudkan Indonesia maju,” katanya.

Sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya dalam kondisi darurat, pemadam kebakaran menurutnya, telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa, berkomitmen penuh dalam memberikan layanan kedaruratan bagi seluruh komponen warga negara.

Data laporan nasional Damkar dan penyelamatan 2022 menyebutkan, damkar telah berkontribusi dalam menangani total 17.672 kejadian kebakaran di sepanjang tahun
2022.

Dengan penyebab kebakaran yang cukup beragam, terbanyak diantaranya karena hubungan arus pendek listrik sejumlah 7.320 kejadian (40 persen), kelalaian manusia 3.755 (21 persen) kejadian dan sebab tabung gas berjumlah 2.172 kejadian (12 persen).

“Selain penanganan terhadap kejadian kebakaran, damkar dan penyelamatan melakukan berbagai operasi penyelamatan sebanyak 53.110 operasi. penyelamatan dengan operasi terbanyak yaitu animal rescue berjumlah 35.590 kejadian,” sebutnya.

Mendagri meminta seluruh aparatur damkar dan penyelamatan serta anggota relawan pemadam kebakaran, untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan serta berinovasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

“Manfaatkan keterbukaan informasi dan kemudahan teknologi untuk terus mengembangkan diri,” harapnya.

Selain itu, Mendagri mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama berperan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Kemendagri telah memberikan panduan melalui Kepmendagri Nomor 364.1-306 tentang Pedoman Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) tujuannya, untuk melibatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan, penanggulangan kebakaran dan penyelamatan.

“Berdasarkan data dalam aplikasi REDKAR, saat ini, tercatat total jumlah relawan sebanyak 23.545 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Dalam momentum Peringatan HUT Damkar dan Penyelamatan ke 104 yang tahun ini dipusatkan di kota Taman itu, Gubernur Isran Noor mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas dedikasi, kerja keras aparatur damkar dan penyelamatan yang selama ini melakukan tugas-tugas penuh resiko dalam pencegahan dan pemadaman saat terjadi bencana kebakaran.

“Selamat HUT Damkar dan Penyelamatan serta kota Bontang yang telah sukses menjadi tuan rumah peringatan HUT Damkar dan Penyelamatan,” pungkasnya.

Usai Apel HUT Damkar dan Penyelamatan, Gubernur Isran Noor melepas keberangkatan kendaraan pemadam kebakaran beserta seluruh personil damkar yang akan berkeliling di Kota Bontang.

Hadir dalam kegiatan itu, Wali Kota Bontang Basri Rasse, jajaran Forkompinda Kota Bontang serta Kepala Satpol PP Kaltim, Arih Frananta Filipus Sembiring, Kepala BPBD Kaltim Agus Hari Kesuma dan Kepala Dinas Sosial Norhayati Us. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *