160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

BMKG Deteksi 14 Titik Panas di Kaltim, Berikut Sebarannya

Hasil deteksi BMKG Balikpapan terhadap titik panas di Provinsi Kaltim, Senin (16/5). (BMKG Balikpapan/Antara)
750 x 100 AD PLACEMENT

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Kota Balikpapan, mendeteksi adanya 14 titik panas. Titik panas itu tersebar di tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

”Sebanyak 14 titik panas ini terdeteksi dari hasil pantauan Senin (16/5) mulai pukul 13.00 hingga 17.00 wita dan kami sampaikan ke kabupaten masing-masing,” ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita seperti dilansir dari Antara di Balikpapan.

BMKG langsung memberi kabar mengenai titik panas tersebut, terutama ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing daerah. Hal itu agar mereka dapat melakukan tindakan lebih lanjut untuk penanganannya.

Menurut dia, tiga kabupaten yang terdeteksi adanya 14 titik panas adalah Kabupaten Kutai Barat terdapat 6 titik, Kabupaten Kutai Timur terdapat 7 titik, dan Kabupaten Berau ada 1 titik.

750 x 100 AD PLACEMENT

Titik panas di Kabupaten Kutai Barat tersebar di empat kecamatan yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah, yakni dua titik panas berada di Kecamatan Bongan.

”Satu titik panas terdeteksi di Kecamatan Damai, dua titik panas di Kecamatan Linggang Bigung, dan satu titik terdeteksi di Kecamatan Long Iram,” ujar Carolina Meylita.

Dia menambahkan, untuk tujuh titik panas yang terdeteksi di Kutai Timur semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah dengan rincian dua titik panas berada di Kecamatan Bengalon.

Selanjutnya, dua titik panas terdeteksi di Kecamatan Busang, dan tiga titik panas berada di Kecamatan Muara Wahau.

750 x 100 AD PLACEMENT

”Sedangkan satu titik panas di Kabupaten Berau berada di Kecamatan Sambaliung dengan tingkat kepercayaan menengah, pada koordinat 117.6618 bujur – 2.0254 lintang,” kata Carolina. (Ant)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT