160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Tiga Hari Tak Kunjung Surut, 18 Desa di Kukar Terendam Banjir

yang melanda 18 Desa di Kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur sudah Banjir melanda selama tiga hari, namum pemerintah belum berikan bantuan. Foto : Kapolsek Tabang Iptu Joko Sulaksono
750 x 100 AD PLACEMENT

BANJIR masih melanda Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Sudah tiga hari sejak Selasa (17/5/2022) hingga Kamis (19/5/2022).

Totalnya ada 18 desa di Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang terendam banjir dengan ketinggian 50 sentimeter hingga 1 meter. Akibatnya ribuan orang terisolasi akibat banjir yang merendam rumah maupun akses jalan menuju desa.

Kapolsek Tabang, Iptu Joko Sulaksono menyebut banjir ini terjadi karena meluapnya air Sungai Pedohon dan Sungai Belayan. Tak hanya merendam rumah warga dan fasilitas umum. Banjir ini juga membuat proyek pembangunan jembatan PT Bayan Group terhenti di Desa Muara Ritan, Dusun Payang.

“Sudah tiga hari banjir, dari hari Selasa. Sekarang 18 dari 19 desa di Kecamatan Tabang yang banjir,” kata Iptu Joko saat dikonfirmasi, Kamis (19/4/2022).

750 x 100 AD PLACEMENT

Joko menyebut, sejak Kamis pagi sekira pukul 09.00 WITA, banjir yang terjadi semakin tinggi bahkan ada yang sudah mencapai ketinggian 1 meter.

“Ada satu desa yang tidak kena banjir itu karena daerah agak tinggi,” sebutnya.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, saat ini listrik di 18 desa tersebut telah di padamkan. Muspika Kecamatan Tabang bersama Koramil dan Polsek Tabang juga sudah berkoordinasi dengan pihak PLN.

“Sudah dimatikan listrik supaya tidak ada korban tersengat setrum karena sangat riskan,” kata Joko.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sejauh ini belum ada pasokan bantuan berupa sembako maupun perlengkapan lainnya dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar)  untuk korban banjir.

Saat ini pihak Polsek dan Muspika Kecamatan tengah mendirikan posko penanggulangan banjir, serta pos kesehatan.

“Masyarakat ini sangat membutuhkan sembako saat ini, serta obat-obatan untuk antisipasi penyakit yang timbul dari banjir ini,” paparnya.

Banjir ini sendiri terjadi lantaran intensitas hujan sangat tinggi selama tiga hari berturut-turut, sehingga debit air di Sungai Belayan meluap dan membanjiri belasan desa di Kabupaten Kutai Kartanegara. (jun)

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

2 komentar tentang “Tiga Hari Tak Kunjung Surut, 18 Desa di Kukar Terendam Banjir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT