160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Soal Proyek Terowongan Gunung Manggah, Ini Kata Komisi III DPRD Samarinda

Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahron
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Novan Syahroni menginformasikan ketersediaan anggaran proyek terowongan Gunung Manggah yang digadang-gadang akan menjadi mahakarya Pemkot periode Andi Harun Rusmadi Wongso.

Ia menuturkan bahwa proyek multiyears Pemkot Samarinda tersebut telah melewati tahap perencanaan sehingga tinggal menunggu realisasi.

“Perencanaan nya sudah selesai dan tinggal pelaksanaan fisik,” ujar Novan.

Pembangunan nantinya akan dilaksanakan secara bertahap dengan memanfaatkan tiga sumber dana yaitu APBD murni Pemkot Samarinda, bantuan dari Provinsi, dan bantuan dari Pemerintah Pusat.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Memang yang pertama yang namanya multiyears ini kan bertahap, yang pertama dana APBD murni kita sendiri, terus bantuan provinsi dan bantuan pusat,” jelasnya.

Novan menerangkan bahwa saat ini yang baru dapat dipastikan adalah anggaran dari pemerintah kota. Sementara anggaran dari Pemprov dan pemerintah pusat masih dalam status menunggu kejelasan.

“Hari ini yang belum bisa dipastikan itu apakah dari provinsi dan pusat ini sudah sesuai dengan perjanjiannya itu membantu multiyears itu di terowongan,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa Wali Kota Samarinda Andi Harun optimistis proyek mahakarya tersebut bisa terealisasi tepat waktu.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Nah kalau pemkot sendiri sudah melaksanakan dan memang pak wali juga optimis bahwa itu bisa terealisasi tempat waktu,” ujarnya.

Proyek multiyears itu diproyeksikan akan selesai di tahun 2024, sehingga dana akan dikucurkan secara bertahap selama tiga tahun. Dengan perkiraan akan memakan anggaran sebesar Rp 400 miliar dan berpotensi akan membengkak karena inflasi.

“Kita lihat lagi, dengan kondisi seperti ini malah bisa lebih bengkak, kenapa karena acuan harga kita 2022 ya dari kementerian PU, dengan inflasi ini mungkin PU akan mengeluarkan acuan lagi 2023, harga terbaru dan menyesuaikan kalau gak, gak ada yang mau ikut lelang,” urai dia. (ADS/SAMARINDA)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT