Job Fair Bontang 2024: Sinergi Perusahaan dan Pencari Kerja untuk Pengembangan SDM

BONTANG – Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kembali mengadakan Job Fair Bontang 2024. Acara ini berlangsung di Gedung Koperasi Karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) dan berlangsung selama empat hari, dari 24 hingga 27 Juni 2024.

Hal ini sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menurunkan angka pengangguran di Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Acara pembukaan yang diresmikan Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, pada Senin pagi ini berlangsung meriah dengan kehadiran berbagai pejabat penting dan perwakilan perusahaan.

Kepala Disnaker Abdu Safa Muha, Kepala UPTD BLKI Ismid Rizal, jajaran direksi perusahaan, serta Lurah dan Camat Kota Bontang turut hadir dalam acara ini.

Job Fair Bontang 2024 menampilkan 32 perusahaan yang menawarkan berbagai posisi kerja, program pemagangan, dan pelatihan.

Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas, dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Bontang, Lukmanul Hakim, menyampaikan bahwa total terdapat 526 kesempatan yang dibuka, termasuk 427 lowongan kerja, 61 program pemagangan, dan 160 pelatihan kerja.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Najirah menyoroti tantangan pengangguran yang dihadapi Kota Bontang. “Pengangguran adalah isu nasional yang juga dirasakan di Bontang. Angka pengangguran di kota kita masih tergolong tinggi, dengan penurunan yang cenderung kecil, dari 7,78% menjadi 7,74%,” ujar Najirah.

Keterbatasan lowongan kerja menjadi salah satu faktor utama tingginya angka pengangguran. Najirah menambahkan, “Dari Januari hingga Mei 2024, tercatat ada 3.274 pencari kerja di Bontang, namun hanya 167 lowongan yang tersedia.”

Namun demikian, Najirah optimistis bahwa Job Fair ini bisa menjadi solusi efektif. “Kami berharap Job Fair ini dapat membantu menurunkan angka pengangguran dan menciptakan sinergi positif antara pencari kerja dan perusahaan,” harapnya.

Kepala Disnaker Abdu Safa Muha menggarisbawahi pentingnya Job Fair ini sebagai jembatan antara pencari kerja dan pemberi kerja. “Kami berusaha agar event ini terus terjaga dan terpelihara untuk membantu mengurangi angka pengangguran di kota kita,” jelasnya.

Job Fair Bontang 2024 diharapkan dapat memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan kesempatan kerja dan pelatihan bagi masyarakat Bontang. Sinergi antara dunia usaha dan pencari kerja ini diharapkan dapat mendorong pengembangan sumber daya manusia yang lebih baik dan mengurangi angka pengangguran di kota tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *