160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Dispora Kaltim Dorong Pelestarian Budaya Lokal

750 x 100 AD PLACEMENT

KEPALA Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Rasman, mendapatkan pengalaman menarik sesaat sebelum menghadiri acara pembukaan Kecakapan Hidup di Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Senin 13 November 2023.

Rasman menerima ajakan untuk naik ke atas Reog Ponorogo saat menyaksikan penampilan grup kesenian tersebut.

“Sebelum acara dimulai, saya diajak naik ke atas Reog Ponorogo. Ini pengalaman pertama kali berinteraksi langsung dengan Reog sepenuhnya,” ungkap Rasman.

Rasman menilai, kesenian Reog Ponorogo sudah menjadi andalan dalam berbagai acara di Kaltim, baik acara pemerintahan, olahraga, maupun hiburan. Reog Ponorogo kerap tampil dalam agenda Liga Pemuda Etam atau acara lain seperti pembukaan Kecakapan Hidup kemarin.

“Reog Ponorogo sering tampil di acara-acara di Kaltim, baik olahraga, musik, atau pemerintahan. Mereka selalu meramaikan acara dengan penampilannya,” ujar Rasman.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda itu berharap, kesenian dan budaya lokal seperti Reog Ponorogo harus terus dilestarikan dengan melibatkan generasi muda dan anak-anak. Menurutnya, ini merupakan aset budaya yang harus dijaga keberadaannya.

“Seni budaya lokal kita seperti Reog Ponorogo harus dilestarikan dengan melibatkan pemuda dan anak-anak sebagai penerusnya. Ini aset budaya yang harus dijaga,” tegas Rasman.

Rasman pun mendorong berbagai pihak pemerintah daerah dan DPRD untuk memberi perhatian pada upaya pelestarian seni dan budaya lokal, khususnya Reog Ponorogo yang digemari masyarakat Kaltim. Rasman yakin, kesenian ini juga memiliki potensi pariwisata yang patut dikembangkan.

“Saya harap pemerintah daerah dan DPRD perhatikan upaya jaga kesenian lokal seperti Reog Ponorogo ini. Sehingga perlu menjadi perhatian dari pemerintah daerah termasuk dari legislatif,” pungkasnya. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT