160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Samarinda Targetkan Raih Kota Layak Anak Peringkat Nindya dan Utama

Wawali Samarinda, Rusmadi saat membuka rapat koordinasi gugus tugas terkait persiapan verikasi lapangan KLA 2022, Senin (20/6/2023) di Balai Kota. Foto: pemkot samarinda
750 x 100 AD PLACEMENT

SAMARINDA, newsborneo.id – Pemkot Samarinda menargetkan bisa meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) dari peringkat madya menjadi nindya dan utama untuk tingkat nasional.

Gerak cepat pun dilakukan. Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi, mengarahkan agar perkantoran pemerintahan segera direhab terkait dukungan fasilitas bangunan terhadap ramah anak tadi.

“Saya minta tim anggaran harus segera bergerak. Selain pada ruang terbuka seperti taman, perkantoran juga penting untuk kita benahi dulu,” kata Wawali Samarinda, Rusmadi saat membuka rapat koordinasi gugus tugas terkait persiapan verikasi lapangan KLA 2022, Senin (20/6/2023) di Balai Kota.

Lanjut Rusmadi, Kota ramah anak bukan isu sekarang. Ketika lahir sudah harus ada perhatian terhadap hak anak sebagai pemilik masa depan bangsa.

750 x 100 AD PLACEMENT

Menurut Wawali, aspek-aspek yang berkaitan terhadap ramah anak harus segera mulai dilakukan khususnya berkenaan dengan infrastruktur jalan dan pembangunan perkantoran.

Oleh itu sambung dia, untuk mendukung tadi, pemerintah tidak mungkin bisa bekerja sendiri, dibutuhkan kerja terpadu dan semua komponen harus terlibat termasuk diantaranya perguruan tinggi.

Karena jelasnya, anak-anak  juga mempunyai hak sama seperti orang dewasa pada umumnya, sehingga hak tadi harus ditempatkan pada posisi yang mulia seperti memuliakan orangtua dan wanita.

“Intinya pembangunan kota Samarinda harus berperspektif pada ramah anak,”tuturnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Tak itu saja, Wawali menambahkan, jika indikator wilayah ramah anak juga berkaitan dengan tidak adanya iklan rokok yang berdekatan dengan pusat pendidikan. Selain itu, ia menekankan agar sekolah juga harus bisa menambah fasilitas toilet bagi pelajarnya.

“Tolong masalah ini harapannya bisa dirumuskan dalam rakor. Sedangkan untuk peringkat, target kita harus naik kelas dari Madya menjadi Nindya. Sehingga kerja ini bisa dikatakan berhasil kalau indikatornya sudah naik atau meningkat,”pintanya.

Walaupun, langkah tersebut bukan hanya soal lomba melainkan juga status bagian penting disini. Karena tujuannya walau tanpa ada evaluasi dan penilaian sudah menjadi kewajiban bersama untuk memajukan pembangunan yang berperspektif terhadap anak.

Sementara, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Samarinda Deasy Evriyani, menambahkan secara internal Pemkot Samarinda telah melakukan assessment dan mengantongi 708,7 poin sebagai modal awal.

750 x 100 AD PLACEMENT

Bahkan ditingkat provinsi Kaltim, hasil penilaian boleh dikatakan naik untuk tahun 2022 dari predikat Madya berhasil Menjadi Nindya.

“Di Kaltim, kebetulan cuma kota Samarinda yang predikatnya bisa naik kelas,” kata Desy.

Ia optimistis, hasil verifikasi yang dilakukan Kemen PPPA nanti, Samarinda bisa mendapatkan predikat Nindya. Oleh itu, agar target tadi tercapai harapanya OPD (Organisasi Perangkat Daerah) bisa bekerja sama dalam membantu untuk mengupdate kembali data-data pendukung fasilitas terbaru di instansinya hasil inovasi dukungannya terhadap ramah anak. (hms)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

2 komentar tentang “Samarinda Targetkan Raih Kota Layak Anak Peringkat Nindya dan Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT