160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT

Samarinda Mulai Terapkan Tilang Elektronik

Ilustrasi.
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Samarinda, Kalimantan Timur mulai menerapkan tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) hari ini.

Tilang elektronik itu menempatkan dua titik kamera statis dan 10 kamera bergerak yang akan memantau pelanggaran lalu lintas pengguna kendaraan.

Satu titik kamera statis akan melakukan monitoring, jenis kendaraan dan pelanggaran lalu lintas. Semua kamera itu telah diaktifkan dengan pemantauan di Gedung Satpas Satuan Lalu Lintas Polresta Samarinda.

“Proses penegakkan hukum terhadap pelangaran lalu lintas di Samarinda mulai hari ini kita lakukan secara elektronik,” kata Komisaris Besar Polisi Ary Fadli, Kepala Polresta Samarinda, Selasa (7/2/2023).

Sepuluh kamera atau alat perekam digunakan untuk mendukung kegiatan tilang elektronik. Mekanismenya setelah ada konfirmasi atau klarifikasi dari penyidik.

Lalu, kepada para pelanggar nanti bukti tilang tersebut akan dikirim ke alamat yang bersangkutan sesuai alamat pada kartu tanda penduduk atau nomor induk kependudukan yang terdaftar maupun kendaraan yang digunakan.

Sementara ada dua titik (kamera statis). Nanti ke depan mudah-mudahan kita juga didukung Pemkot Samarinda. Harapannya semua titik bisa di-cover kamera ETLE ini.

Kamera ETLE dipasang untuk menyasar semua pelanggaran lalu lintas. Seperti tidak menggunakan helm, menggunakan Ponsel sambil berkendara, berboncengan lebih dari dua orang, hingga tidak memakai safety belt.

“Itu sasaran umun yang kita kenakan. Harapan kita seperti itu kedepannya, semua lokasi jalan akan terpasang kamera ETLE,” jelas Ary Fadli.

Dimulainya penerapan tilang elektronik ETLE seiring dengan dimulainya operasi keselamatan dengan sandi Operasi Keselamatan Mahakam 2023 yang juga mulai hari ini hingga 20 Februari 2023 mendatang. (*)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT