160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Beasiswa Kaltim 2024 Mulai Dibuka, Dianggarkan Rp200 Miliar

750 x 100 AD PLACEMENT

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) membuka program beasiswa yang ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat di 2024.

Program beasiswa Kaltim 2024 ini diyakini merupakan tanggapan terhadap tingginya antusiasme dan harapan masyarakat Benua Etam yang telah lama menantikan kesempatan pendidikan yang lebih baik.

Kepala BP-BKT Iman Hidayat menerangkan, alokasi dana Beasiswa Kaltim tahun 2024 sebesar Rp200 miliar dari APBD. Penerima beasiswa ditarget sebanyak 31 ribu orang.

Dengan rincian 250 orang untuk beasiswa kerja sama, 3.467 orang untuk beasiswa tuntas, 6.852 orang untuk beasiswa stimulan mahasiswa, dan 20.475 orang untuk beasiswa stimulan siswa.

Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim (BP-BKT) Iman Hidayat menyatakan antara tanggal 27 Februari hingga 5 Maret 2024, telah diadakan serangkaian kegiatan sosialisasi di seluruh kabupaten dan kota untuk memastikan bahwa informasi tersampaikan secara efektif.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Bahwa pada 20 Februari 2024, telah ditayangkan pengumuman mengenai jadwal beasiswa. Sengaja dibuat seperti itu supaya kesalahan kesalahan yang terjadi dari pendaftar tahun sebelumnya bisa dikurangi dan 27 februari dibuka petunjuk teknis,” ujarnya di Samarinda, Selasa (5/3/2024).

Dalam lima tahun terakhir, kata Iman, program beasiswa telah mendorong kompetisi akademik yang lebih ketat, dengan peningkatan bertahap dalam standar IPK mahasiswa penerima beasiswa.

Selain itu, program ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan akreditasi perguruan tinggi di Kaltim, dengan fokus khusus pada peningkatan jumlah pengajar dengan gelar S3.

“Saat ini tidak ada universitas di Kaltim yang akreditasi nya A, ternyata kendala mereka adalah kekurangan pengajar S3 dari yang disyaratkan. Maka sejak 2022 sampai 2023 kita prioritaskan,” tambahnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sebagaimana diketahui, program Beasiswa Kaltim Tuntas ini mencakup dua jenis utama, yaitu beasiswa tuntas dan beasiswa stimulan, yang dirancang untuk mendukung siswa dari berbagai latar belakang, termasuk mereka yang putus sekolah dan keluarga tidak mampu. Dengan program ini, Iman menuturkan bahwa Pemprov Kaltim telah berhasil membantu 25.358 mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan mereka.

Pendaftaran BKT 2024 dibuka mulai 5 Maret-20 April 2024 untuk kategori siswa yang mendaftar melalui sekolah masing-masing. Sementara pendaftaran untuk kategori mahasiswa, baru dibuka pada 20 Maret-30 April 2024.

BKT 2024 juga menyediakan dua kategori khusus, yaitu untuk anak putus sekolah dan anak tidak melanjutkan sekolah yang berjumlah sekitar 26 ribu orang di Kaltim untuk tingkat pendidikan SD, SMP dan SMA, yang terkendala oleh faktor ekonomi, sosial, dan lainnya.

Proses pendaftaran BKT bisa diakses melalui situs resmi www.beasiswa.kaltimprov.go.id. Di situs ini, calon pendaftar bisa melihat syarat dan mekanisme pendaftaran yang harus diikuti.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Jasniansyah menekankan pentingnya inisiatif ini dalam memajukan daerah.

“Pemprov Kaltim berkomitmen penuh untuk mengembangkan SDM yang berkualitas sebagai kunci utama dalam meningkatkan daya saing daerah. Ini untuk memastikan bahwa ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kita terus berkembang, sambil mengurangi tingkat kemiskinan,” sebutnya.

Program beasiswa yang mencakup jenjang pendidikan dari siswa hingga mahasiswa ini, diharapkan dapat membuka pintu bagi banyak individu untuk mengakses pendidikan berkualitas dan mengurangi angka putus sekolah.

Adapun, dia meminta masyarakat untuk memahami lebih baik tentang esensi dari beasiswa Kaltim, termasuk persyaratan, jadwal, dan prosedur pendaftaran. (*)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT