160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Bangun Pemikiran Kritis, Dispora Kaltim Dorong Pemuda Berorganisasi

750 x 100 AD PLACEMENT

PERAN pemuda diperlukan untuk membangun dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), Bahri mengajak seluruh pemuda Kaltim untuk membangun pola pikir yang kritis.

“Sekarangkan zaman digitalisasi, semua serba enak. Kita mengharapkan dengan pemanfaatan teknologi, inilah yang bisa dijadikan modal utama.” ungkapnya, Senin (06/11).

Menurutnya, lahirnya pemikiran-pemikiran kritis pemuda menjadi kunci agar keterlibatan dan partisipasi pemuda dalam memajukan pembangunan tidak hanya menjadi formalitas belaka, tapi memiliki kontribusi yang baik dan berkualitas.

Bahri menjelaskan selain mendorong pemuda Bumi Etam untuk terlibat dalam organisasi sebagai wadah meningkatkan kapasitas diri, ia juga mengimbau pemuda harus melek akan literasi digital.

Hal itu dipandang sebagai salah satu langkah agar pemuda bisa membangun kemandirian baik melalui pemikiran maupun ketika berpartisipasi dalam pembangunan.

Adapun literasi digital adalah kemampuan untuk menavigasi dunia digital dengan menggunakan kemampuan membaca, menulis, keterampilan teknis, dan berpikir kritis.

Dirinya berharap para pemuda bisa terbuka dalam menempuh ilmu pengetahuan dimana pun itu asal memberikan hal yang positif demi pengembangan diri dan karakter mereka sebagai generasi penerus. Tentunya, hal itu membutuhkan kerja sama semua pihak terkait.

“Kita berharap para pemuda bisa aktif dalam kegiatan-kegiatan atau pelatihan yang kita lakukan. Kemudian terlibat organisasi atau minimal komunitas. Karena di sana banyak pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya. Kita tentunya ga bisa berjalan sendiri. Pemuda itu yang jelas usia 16-30. OPD mana saja yang membina itu berarti kan ada bersinggungan dan bersinergi dengan Dispora,” jelas Bahri. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT