160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

200-an Orang Ikut Demonstrasi, Berikut Enam Tuntutan ke Pupuk Kaltim

petinggi aksi Masyarakat bufferzone Menggugat saat menggelar konferensi pers di Sekretariat Ikatan Pemuda Lok Tuan Bersatu (IPLB), Selasa, (28/6/2022) malam
750 x 100 AD PLACEMENT

BONTANG, newsborneo.id – Sebanyak 200-an massa akan mengikuti aksi demonstrasi di kawasan Bundaran Monumen PT Pupuk Kaltim (PKT) dan Kantor Wali Kota Bontang, Kamis (30/6/2022), besok.

Kelompok massa ini mengatasnamakan “Masyarakat Bufferzone Menggugat”. Mereka menyuarakan 6 poin tuntutan kepada Pupuk Kaltim dalam aksi tersebut. Mereka pun sudah mengirimkan surat pemberitahuan izin kepada Polres Bontang.

“Sudah siap. Surat ke Polres Bontang juga sudah kami kirimkan 24 Juni lalu. Masih rencana awal kisaran 250-an orang akan ikut bergerak aksi besok,” ungkap Sekretaris Aksi, Muhammad Pijay saat dihubungi, Rabu (29/6/2022).

Pijay menjelaskan, latar belakang aksi ini digelar lantaran buntut dari tidak ada titik temu dan ketidakpuasan saat audiensi dengan perwakilan Pupuk Kaltim beberapa waktu lalu.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Saat itu, perusahaan diangap hanya memaparkan penyaluran dana CSR secara global. Tidak spesifik seperti kami inginkan,” kata Pijay.

Keenam tuntuan kepada Pupuk Kaltim itu antara lain;

  • Pertama menuntut transparansi jumlah alokasi dana program Corporate Social responsibility (CSR) yang digelontorkan kepada masyarakat Bontang, khususnya daerah penyangga perusahaan (bufferzone).
  • Kedua, memprioritaskan dana CSR untuk kesejahteraan masyarakat bufferzone.
  • Ketiga, memasang indikator udara di area bufferzone perusahaan (Guntung, Loktuan, dan Sidrap) sebagai media masyarakat untuk mengecek secara langsung ambang batas polusi udara. Pengawasannya dengan membentuk tim independen.
  • Keempat, memberikan fasilitas pemeriksaan kesehatan (medical cek up) serta pemberian vitamin dan susu secara gratis setiap tiga bulan sekali, khususnya masyarakat bufferzone yang terpapar langsung dengan polusi amoniak.
  • Kelima memberikan pelayanan kesehatan gratis per RT secara berkelanjutan, dan
  • Keenam, membentuk tim khusus rehabilitasi area pesisir akibat tumpukan batu bara di area boiler PT Pupuk Kaltim.

Dikonfirmasi hal itu, Kepala Seksi Humas, Polres Bontang membenarkan sudah menerima surat aksi demontrasi besok.

“Besok diturunkan personel 167 orang baik yang Uniform maupun Non Uniform dan akan menempati semua titik yang akan digunakan berunjuk rasa,” ucapnya. (js)

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

3 komentar tentang “200-an Orang Ikut Demonstrasi, Berikut Enam Tuntutan ke Pupuk Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT