160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT

Wartawan Senior di Kaltim bakal Terima Penghargaan Kalpataru

Misman, seorang wartawan sekaligus penggiat lingkungan hidup sebagai pahlawan sampah Sungai Karang Mumus, Samarinda.
750 x 100 AD PLACEMENT

DUA orang wakil Kalimantan Timur (Kaltim) bakal menerima penghargaan Kalpataru. Mereka adalah Misman dan Yayasan Ulin. Rencananya akan diberikan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, pada 5 Juni 2023 bertempat di Auditorium DR Soedjarwo, Gedung Manggala Jakarta.

Ya, penghargaan Kalpataru ini diberikan kepada Misman, seorang wartawan senior sekaligus penggiat lingkungan hidup sebagai pahlawan sampah Sungai Karang Mumus, Samarinda.

Selanjutnya, Yayasan Ulin. Sebuah lembaga yang fokus terhadap pelestarian buaya Badas Hitam dan buaya Sumpit di wilayah Kutai Timur.

“Surprise bagi kami atas pencapaian dari Yayasan Ulin dan Pak Misman ini, memang keduanya masuk sebagai kandidat peraih kalpataru, namun sangat jarang dalam satu periode penilaian satu provinsi meraih dua penghargaan Kalpataru Nasional secara bersamaan” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur E.A. Rafiddin Rizal.

Berdasarkan Surat Keputusan SK.545/MENLHK/PSKL/PSL.3/5/2023 tanggal 25 Mei 2023 tentang Penerima Penghargaan Kalpataru 2023, Yayasan Ulin meraih penghargaan kategori Penyelamat Lingkungan, sedangkan Misman meraih penghargaan kategori Perintis Lingkungan.

Dikatakan oleh Rizal, hal ini cukup menjadi sebuah kejutan bagi Kalimantan Timur. Rizal menilai, di tengah maraknya kegiatan ekonomi yang sedikit berdampak terhadap kerusakan lingkungan.

Namun masih terdapat masyarakat Kaltim masih memiliki kepedulian tinggi terhadap upaya pelestarian lingkungan. Hal ini juga sejalan dengan berbagai salah satu misi Pemprov Kaltim yaitu berdaulat dalam pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan.

Ia berharap hasil ini akan memberikan pecutan semangat bagi siapa saja untuk turut berkontribusi bagi lingkungan hidup. “Dengan penghargaan ini, semoga dapat memberikan motivasi pada masyarakat untuk tak henti turut serta dalam menjaga alam dan lingkungannya” pungkas Rizal.

Baik Misman dan Yayasan Ulin telah melewati serangkaian proses seleksi, baik yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten/kota dan provinsi, hingga tim dari KLHK.

Setelah menjalani berbagai proses seleksi, baik administrasi maupun peninjauan langsung terpilihlah 10 penerima penghargaan yang diantaranya terdapat dua penerima dari Kaltim.

Sebagai informasi Penghargaan Kalpataru bagi Yayasan Ulin dan Misman ini sesuai jadwal akan diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, pada 5 Juni 2023 bertempat di Auditorium DR Soedjarwo, Gedung Manggala Jakarta. (*)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT