160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Tingkatkan Kualitas, Dispora Kaltim Gelar Pemilihan Organisasi Pemuda Berprestasi 2023

750 x 100 AD PLACEMENT

DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) terus mengembangkan organisasi kepemudaan sebagaimana merupakan upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda di Kaltim.

Salah satunya dengan menggelar Pemilihan Organisasi Pemuda Berprestasi 2023 yang dibuka pendaftarannya sejak 3 November 2023 lalu.

Kepala Bidang Pengembangan Dispora Kaltim Rasman Rading menyampaikan, pemilihan yang digelar pertama kali ini mempunyai lima tahapan, yaitu pendaftaran, seleksi administrasi dan program, fakta lapangan, finalisasi penjurian, dan pengumuman pemenang pada 5 Desember 2023.

“Ada lima tahapan pemilihan organisasi pemuda berprestasi ini, mulai dari pendaftaran hingga penjurian dan pengumuman pemenang. Semua tahapan sudah tercantum di petunjuk teknis yang kami publikasikan,” ucapnya.

Pemilihan terbuka bagi seluruh organisasi kepemudaan baik itu organisasi pelajar, mahasiswa, maupun komunitas pemuda lainnya yang kreatif dan inovatif serta berdampak positif bagi masyarakat.

Rasman memaparkan terkait kriteria organisasi yang bisa mengikuti pemilihan ini antara lain memiliki legalitas berupa akta notaris dan SK dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Kesbangpol, tidak bersifat perorangan, memiliki kepengurusan yang sah, serta domisili dan program kerja yang jelas.

“Peserta juga harus punya NPWP, rekening atas nama organisasi, dan program kerja 2 tahun terakhir yang bermanfaat bagi masyarakat. Ini untuk memastikan kredibilitas organisasi peserta,” paparnya.

Melalui pemilihan ini, Dispora Kaltim ingin mendapatkan data riil organisasi pemuda yang ada, termasuk jumlah anggota dan kadernya. Dispora juga ingin mengapresiasi organisasi pemuda yang berprestasi melalui pemberian hadiah senilai Rp 22 juta.

“Kami ingin dapat data riil organisasi pemuda di Kaltim. Juga ingin apresiasi yang berprestasi lewat hadiah senilai Rp 22 juta,” jelasnya.

Dengan adanya Pemilihan Organisasi Pemuda Berprestasi ini, diharapkan peran dan fungsi organisasi kepemudaan di Kalimantan Timur semakin optimal.

Organisasi pemuda diyakini dapat menjadi agen perubahan yang mendorong kemajuan daerah melalui beragam program kreatif dan inovatif. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT