160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Setiap Rabu dan Kamis, ASN Kutai Barat Wajib Gunakan Pakaian Khas Daerah

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kutai Barat, Yayuk Seri Rahayu
750 x 100 AD PLACEMENT

SENDAWAR, newsborneo.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) memakai pakaian khas daerah setiap Rabu dan Kamis.

Pada Rabu, pakaian perempuan atasannya putih dan bawahannya mengenakan rok hitam tumpar. Untuk Kamis, atasan kebaya sementara bawahan mengenakan ulap atau ketau dari tenun doyo, tenun badong, sarut maupun tumpar.

Sementara bagi pria, pada Rabu pakaiannya tidak ada perubahan. tetap atasan putih dan bawahan hitam. Sedangkan pada Kamis menggunakan batik khas Kubar

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kutai Barat, Yayuk Seri Rahayu Yapan menjelaskan wajibny memakai pakaian khas daerah ini sebagai bentuk upaya Pemkab Kubar untuk melestarikan budaya lokal di Kabupaten beradat.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Sudah kami sosialisasikan kepada camat agar stafnya bisa menggunakannya,” kata Yayuk Seri Rahayu Yapan, belum lama ini.

Menurut Yayuk, penggunaan pakaian khas daerah ini juga berpotensi menumbuhkan kembangkan roda perekonomian para pengrajin pakaian khas daerah.

Dengan menggunakan buatan daerah sendiri, secara tidak langsung menghidupkan kembali lingkaran perekonomian bagi para perajin dan menumbuhkan rasa cinta produk lokal daerah.

Penggunaan pakaian itu selain melestarikan kembali warisan kebudayaan di wilayah Kubar. Juga diharapkan bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal dan memberikan lapangan pekerjaan bagi mereka yang menekuni pembuatan kain tenun Kubar.

750 x 100 AD PLACEMENT
Sejarah Kain Ulap Doyo, Kain Khas Kutai Barat

Tenun Ulap Doyo diperkirakan telah ada di Kalimantan Timur sebelum abad ke-17, dan terkenal sejak masa Kerajaan Hindu-Buddha pertama di Indonesia, yakni Kerajaan Kutai.

Ulap dalam bahasa setempat berarti kain, dan doyo diambil dari nama tanaman yang jadi bahan pembuatnya yakni Curliglia latifolia.

Tanaman ini cirinya seperti pandan yang berserat kuat dan tumbuh secara liar di pedalaman Kalimantan, seperti misalnya di wilayah Tanjung Isuy, Jempang, Kutai Barat. (zi)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Satu komentar tentang “Setiap Rabu dan Kamis, ASN Kutai Barat Wajib Gunakan Pakaian Khas Daerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT