160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Kadispora Kaltim Sebut Sapras Kunci Sukses Pembangunan Olahraga

750 x 100 AD PLACEMENT

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi memperhatikan pengelolaan prasarana olahraga sebagai salah satu hal paling penting dalam keolahragaan, baik pada pembinaan prestasi olahraga maupun pada pengembangan olahraga rekreasi di masyarakat.

“Terdapat hubungan yang positif antara ketersediaan sarana dan prasarana olahraga dengan perilaku hidup sehat. Sarana dan prasarana olahraga juga berpengaruh secara signifikan terhadap kesegaran jasmani,” ujar Agus Hari kesuma (AHK) selaku Kepala Dispora Kaltim terkait penyelenggaraan workshop pengelolaan prasarana olahraga bagi kabupaten dan Kota se Kaltim beberapa waktu lalu.

Partisipasi masyarakat dalam kegiatan olahraga dan rekreasi katanya memberikan dampak positif terhadap keseimbangan hidup yang sehat, dan dalam skala luas dapat mendorong pembangunan ekonomi.

“Sarana dan prasarana adalah kunci sukses pembangunan olahraga suatu negara. Tanpa sarana dan prasarana yang memadai sangat sulit menciptakan atlet yang mampu berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, yang saat ini persaingannya sudah lebih banyak berada pada aspek sport science,” lanjutnya.

Tanpa sarana dan prasarana yang memadai juga, tentu sulit untuk menciptakan masyarakat yang gemar berolahraga, yang dapat mendorong terciptanya generasi yang sehat dan bugar.

Sebagai informasi, sarana dan prasarana olahraga adalah suatu alat dan bangunan yang dirancang sesuai dengan persyaratan tertentu untuk melakukan suatu kegiatan olahraga tertentu.

Di undang-undang nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional, definisi sarana dan prasarana tidak terlalu berbeda, yaitu di mana di dalamnya terdapat unsur ruang atau lingkungan dan peralatan serta perlengkapan yang digunakan untuk kegiatan olahraga. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT