160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT

Jalur Kota Bangun-Kenohan Rusak Parah, Gara-Gara Truk Pengangkut Sawit?

Antrean kendaraan melewat jalan rusak di Desa Teluk Muda, Kutai Kartanegara. (foto: ist/FB: ineng sahwega)
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Pemkab Kutai Kartanegara meminta truk pengangkut kelapa sawit untuk mengurangi tonase menyusul rusaknya jalan di jalur Kota Bangun-Kenohan.

Sekda Kutai Kartanegara Sunggono menyatakan, Pemkab aka menerbitkan surat imbauan kepada perusahaan kelapa sawit untuk melakukan pembatasan angkutan TBS dari Kenohan menuju Kota Bangun.

“Bupati sudah memantau langsung penanganan jalan Desa Teluk Muda dan Dusun Pendamaran. Untuk jangka pendek, kita akan menerbitkan surat ke perusahaan kelapa sawit untuk membatasi angkutan TBS dan angkutan berat lainnya, kecuali angkutan sembako,” jelasnya dikutip dari laman Pemkab Kukar, Kamis (16/3/2023).

Tonase truk pengangkut yang berlebihan diduga menjadi pemicu utama kerusakan jalan. Terdapat dua titik kerusakan paling parah yakni di Desa Teluk Muda dan Dusun Padamaran.

Padahal, jalur tersebut merupakan akses satu-satunya menuju tiga kecamatan di bagian hulu yakni Kenohan, Kembang Janggut, dan Tabang. Kerusakan jalan tersebut membuat arus lalu lintas kerap macet karena kendaraan harus bergantian lewat.

Terkait penanganan kerusakan jalan, Sunggono menyatakan akan segera dilakukan perbaikan Dinas Pekerjaan Umum dan diharapkan sudah bisa dilewati dengan lancar sebelum bulan suci Ramadan.

“Sudah disepakati jalan sementara akan dibangun oleh Dinas PU dan selesai sebelum Ramadan. Kita juga akan menyosialisasikan pembatasan muatan yang melewati Desa Teluk Muda dan Dusun Pendamaran,” ujarnya.

Sunggono mengatakan, untuk memastikan pembatasan diterapkan, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Forkompimcam Kenohan akan melakukan pengawasan terhadap kendaraan yang melintas.

“Kendaraan berat akan dilarang melintas saat cuaca hujan, beban tidak melewati batas tonase dan tidak berkonvoi. Pemkab juga akan melakukan koordinasi dengan perusahaan terkait untuk turut membantu penanganan perbaikan jalan sementara,” pungkasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT