160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT

HUT ke-63 Tahun, Pemuda Pancasila PAC Bontang Selatan Gelar Donor Darah

750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Organisasi masyarakat Pemuda Pancasila (PP) menggelar Kegiatan Bakti sosial Donor Darah. Kegiatan dihelat di Halaman Parkir stadion Bessai Berinta (Langlang) Bontang, Kalimantan Timur Minggu, (11/12/2022).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Pemuda Pancasila ke 63 Tahun, yang perayaannya beberapa sudah berlangsung beberapa waktu lalu.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Bontang , Andi Faisal Sofyan Hasdam, SH dalam hal ini diwakilkan oleh ketua PAC PP Bontang Selatan,  Sudirman Saddu, mengatakan kegiatan ini diselenggarakan guna membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

Stok darah di PMI Bontang juga dalam kondisi memprihatinkan. Dukungan dari berbagai pihak agar darah di PMI tersedia. Jika sewaktu waktu ada kebutuhan PMI tidak kerepotan mencari.

“Kegiatan sosial ini juga untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan transfusi darah dan memastikan ketersediaan stok darah di UTD PMI Bontang melalui kegiatan ini,” ujarnya.

Sudi sapaan akrabnya menjelaskan jika kondisi terkini melihat cuaca yang semakin ekstrem dengan curhat hujan tinggi, membuat penyakit akan mudah datang. Pun Malaria atau DBD semakin sering kita jumpai menjangkit masyarakat.

“Apalagi sekarang banyak yang terkena DBD. kebutuhan darah sudah barang pasti dicari dan dibutuhkan, semoga apa yang kami lakukan bisa membantu,”ucapnya.

Kegiatan Bhakti sosial Donor darah yang mengusung tema “Saudara Walau Tak sedarah” ini diikuti oleh masyarakat umum dan anggota PAC Pemuda Pancasila Bontang di semua tingkatan Kecamatan Bontang Selatan. Khusus transfusinya bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia.

“Tema diatas memotivasi kami, berarti kita tetap bersaudara walau kita tidak sama darah, Alhamdulillah kegiatan kali ini kami bekerjasama dengan PMI, untuk peserta sendiri diikuti oleh anggota pemuda Pancasila sendiri pengurus PAC , Ranting serta masyarakat umum,”jelas Mantan Ketua PP HMB ini.

Selain donor darah, dalam rangka HUT Ke 63 tahun Pemuda Pancasila itu juga telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan, kegiatan bersih-bersih pantai galau di Kelurahan Tanjung Laut Indah Kecamatan Bontang selatan yang pelaksanaannya dilakukan awal Nopember lalu.

Setiap darah yang didonorkan dari proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela, kemudian disimpan di bank darah sebagai stok darah di PMI Bontang.

Namun tidak semua darah dapat digunakan bagi pasien. Pasalnya usai darah disumbangkan, darah akan di diproses terlebih dulu untuk dipastikan dapat digunakan pasien. Selanjutnya kemudian digunakan untuk transfusi darah.

Dapat dipastikan kegiatan serupa akan digelar setiap tahun. Pemuda Pancasila Bontang akan intens lakukan  kegiatan sosial. Beberapa waktu terakhir PP Bontang berkesempatan ikuti mencarikan dana sumbangan masyarakat. Sumbangan yang terkumpul diberikan kepada korban bencana. Baik Bencana Alam maupun Bencana kebakaran. (*)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT