160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Inflasi Kaltim Terkendali kurun 2023

Ilustrasi transaksi pasar tradisional.
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil menjaga inflasi di level 3,46% sepanjang tahun 2023, yang berada dalam rentang target inflasi nasional dan lebih rendah dari inflasi tahun 2022 yang mencapai 5,35%.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur Budi Widihartanto menyatakan inflasi Kaltim dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Antara lain; kenaikan harga bahan makanan, terutama cabai rawit, daging ayam ras, bawang merah, dan beras. Komoditas-komoditas ini sebagian besar didatangkan dari luar Kaltim, sehingga rentan terhadap gangguan pasokan dan distribusi.

“Andil tertinggi inflasi di Kaltim di 2023 bersumber dari inflasi bahan makanan (volatile food) terutama komoditas cabai rawit, daging ayam ras, bawang merah dan beras yang keberadaannya diperoleh dari luar wilayah Kaltim yang saat ini secara nasional juga sedang mengalami tekanan harga karena faktor perubahan iklim dan ketersediaannya yang terbatas,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (3/1/2024).

Selain bahan makanan, inflasi Kaltim juga dipicu oleh kenaikan harga transportasi, terutama angkutan udara dan emas perhiasan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas ekonomi dan daya beli masyarakat Kaltim, yang didorong oleh pertumbuhan penduduk, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), dan perkembangan sektor industri, transportasi, dan pergudangan.

Namun, Budi juga menegaskan bahwa inflasi Kaltim masih terkendali dan tidak mengganggu stabilitas makroekonomi.

Dia menambahkan bahwa ada beberapa komoditas yang memberikan kontribusi deflasi, seperti udang basah, bayam, kangkung, buncis, dan celana panjang jeans anak.

Deflasi ini menunjukkan adanya penyesuaian harga pasar dan efisiensi produksi. Untuk mengendalikan inflasi, Budi menuturkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Kalimantan Timur terus melakukan berbagai upaya melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

750 x 100 AD PLACEMENT

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain Gerakan Pangan Murah (GPM), operasi pasar, penambahan pasokan beras oleh Bulog, dan rapat koordinasi rutin.

Pada akhir Desember 2023, TPID Kaltim juga menggelar rapat tingkat tinggi di Balikpapan untuk membahas antisipasi kenaikan harga komoditas pada periode Nataru.

Budi berharap bahwa dengan upaya-upaya tersebut, inflasi Kaltim dapat tetap terjaga di tahun 2024. Ia juga mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam menjalankan strategi 4K (keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi yang efektif) guna mengendalikan inflasi.

“Melalui inflasi yang terkendali diharapkan dapat menjaga momentum pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur menuju Masyarakat yang lebih sejahtera,” pungkasnya. (*)

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT