160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Akhir Juni, DPRD Bontang akan Tinjau KM Bontang Express II

Ketua Komisi II DPRD Bontang, Rustam
750 x 100 AD PLACEMENT

KOMISI II DPRD Bontang akan menjadwalkan kunjungan lapangan ke Banyuwangi, akhir bulan ini. Tujuannya memastikan kondisi terkini terkait aset milik Pemkot Bontang. Berupa KM Bontang Express II yang saat ini disewakan untuk melayani penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Ketua Komisi II DPRD Bontang, Rustam mengatakan, beberapa waktu lalu kapal masuk dalam tahap perawatan, sehingga diperlukan data teranyar terkait kondisi kapal.

“Jadwal itu bulan lalu. Tetapi kapal masih dok, sehingga dialihkan ke bulan ini,” kata Rustam.

Menurutnya, pantuan ini diperlukan untuk melihat proses perawatan yang dilakukan Perumda AUJ. Melalui proses kerja sama dengan pihak ketiga terkait aset daerah. Sekaligus menanyakan terkait durasi penyewaan dan pajak. Sebab, konon katanya, ada pemutusan kerja sama.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Kami tanyakan aset ini dikelola oleh siapa supaya kami tahu juga apakah aset ini bisa menghidupi Perumda AUJ dalam hal ini PT Bontang Transport (anak usaha) atau seperti apa,” ucapnya.

Disinggung mengenai opsi ditarik ke Bontang, politikus Partai Golkar ini menilai kecil peluangnya. Sebab, kecepatan kapal sangat lambat. Tidak cocok untuk penyeberangan jarak jauh.

“Bersyukur Banyuwangi mengontrak itu,” tutur dia.

Rencana ini juga diamini Dirut Perumda AUJ Abdu Rahman. Ia menyebut, dalam waktu dekat memang ada kunjungan lapangan antara DPRD dengan Perumda AUJ terkait kapal jenis Ro-Ro ini. “Benar soal waktunya menyesuaikan dari legislator,” sebutnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Diketahui, habisnya masa penyewaan KM Bontang Express II tahun depan membuat Perumda AUJ dan PT Bontang Transport gerak cepat.

Rahman menjelaskan, saat ini ada pembaruan klausul. Utamanya menyangkut nilai kontrak. Sebelumnya kapal ini disewa Rp 100 juta per bulan.

“Paling tidak di atas nominal itu,” terangnya.

Ada empat perusahaan yang sudah melakukan komunikasi dengan direksi hingga saat ini. “Tergantung nanti mana yang meyakinkan untuk menjaga aset ini. Jangan sampai nilai ekonomisnya justru turun,” ujarnya. (ADS/DPRD BONTANG)

750 x 100 AD PLACEMENT

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT