RSUD Taman Husada Bontang Akhir Tahun Beli Fasilitas MRI Senilai Rp 20 Miliar

ILUSTRASI.

newsborneo.id – Direksi RSUD Taman Husada, Kota Bontang mengisyaratkan akan menambah fasilitas layanan kesehatan pada akhir tahun ini. Konon penambahan itu berupa pengadaan Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Direktur RSUD Taman Husada, Bontang, dr Suhardi menyatakan pengadaan itu berasal dari dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Masuk di postur APBD Perubahan.

“Benar kami akan beli MRI di akhir tahun ini senilai Rp 20 miliar,” terangnya.

Pasalnya sejauh ini pemeriksaan demikian pasien harus menuju Samarinda. Ia berharap dengan adanya di Bontang maka pasien lebih dekat dalam memeriksakan kesehatannya. Nantinya fasilitas akan ditempatkan di lantai dasar bangunan utama rumah sakit tipe B ini.

Saat ini fasilitas pemeriksaan kesehatan lainnya yang dimiliki RSUD Taman Husada ialah CT-scan. Alat ini dibeli pada 2018 silam dengan nominal Rp 13 miliar. MRI merupakan pemeriksaan organ tubuh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil gambar organ, tulang, dan jaringan di dalam tubuh secara rinci dan mendalam. Pemeriksaan ini dilakukan sebagai alat bantu diagnosis untuk dokter.

MRI sering dilakukan dan berkaitan dengan pemeriksaan terhadap otak, saraf tulang belakang, jantung, pembuluh darah, tulang, sendri, jaringan lunak, dan organ-organ tubuh lainnya.

Pemeriksaan MRI membutuhkan bantuan zat pewarna khusus yang disuntikkan melalui pembuluh darah, untuk membantu meningkatkan ketepatan gambar, sebagai hasil dari pemeriksaan.

Pemeriksaan organ tubuh melalui prosedur MRI sering dianggap sebagai cara yang lebih aman. Sebab, berbeda dengan foto rontgen atau CT scan, pemeriksaan dengan MRI tidak memancarkan radiasi sehingga cukup aman untuk dilakukan pada ibu hamil sekalipun. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *