160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Kaltim Ekspor 10 Kontainer Limbah Sawit ke Tiongkok

Ilustrasi petani sawit. Harga TBS di Kaltim Turun jadi Rp2.349,28
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Sebanyak 10 kontainer limbah kelapa sawit berupa bungkil dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) siap diekspor menuju Negeri Tirai Bambu, Tiongkok.

Prosesi pelepasan ekspor 10 kontainer limbah sawit itu, dilakukan langsung Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperindagkop) Provinsi Kaltim Muhammad Sa’duddin bersama pejabat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan perwakilan Astra Group, di Terminal Peti Kemas Palaran, Samarinda, Kamis (23/2/2023).

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagkop Kaltim Ali Wardhana menjelaskan ekspor limbah kelapa sawit ini diinisiasi oleh PT Masa Genah berkolaborasi dengan desa binaan Astra Group.

“PT Masa Genah sendiri merupakan salah satu UMKM binaan Disperindagkop Kaltim yang bergerak dalam sektor perdagangan besar hasil bumi serta hasil pertanian dan kehutanan,” kata Ali Wardhana.

Limbah kelapa sawit dikumpulkan dari beberapa desa di Kutai Kartanegara, di antaranya Desa Salo Palai, Muara Badak Ulu, Saliki, Buluq Sedn, dan Koperasi Gunung Sari Tabang.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Jalinan ekspor ini bussines to bussines. Artinya mereka secara mandiri menjalin bisnis yang saling menguntungkan. Pemerintah dalam hal ini, baik pemprov dan pemerintah pusat pasti mendukung,” kata Ali.

Pihaknya mengapresiasi pelaksanaan ekspor ini sebagai momentum menggerakkan ekonomi masyarakat desa.

Ia berharap pemberdayaan ekonomi masyarakat ini, ke depan harus terus ditingkatkan dengan memanfaatkan potensi masing-masing desa.

“PT Masa Genah memang bergerak di bidang ekspor dengan mengambil bahan baku dari desa-desa sekitar. Seperti lidi nipah, lidi sawit, dan sekarang bungkil,” katanya pula. (*)

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT