160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

DPRD Kaltim Soroti Kurangnya Akses Internet dan Listrik Wilayah 3T

750 x 100 AD PLACEMENT

ANGGOTA Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno, menyoroti ketimpangan kebutuhan akses internet dan listrik di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Bumi Mulawarman.

Menurut Agiel, seharusnya sudah tidak ada lagi daerah yang terisolir dengan jaringan internet.

“Ternyata di sana, wilayah 3T Kaltim, masih ada beberapa desa yang tidak terjangkau internet. Akses jaringan listrik PLN juga terbatas,” ungkap Agiel di Samarinda, Senin (23/10/2023).

Agiel menyebut ketimpangan jaringan internet dan listrik di wilayah 3T Kaltim menjadi ironi.

Salah satunya karena Kutai Timur merupakan kabupaten penyumbang Produk Domestik Regional Bruto dengan nilai besar untuk Kaltim, bahkan Indonesia.

Agiel menjelaskan, di Kutai Timur terdapat sejumlah perusahaan besar, bahkan objek vital nasional, seperti PT Kaltim Prima Coal (KPC), PT GAM, Indexim, dan industri pabrik semen.

Dia menambahkan, Kaltim juga penyumbang devisa kredit karbon terbesar karena masih banyak hutan alami, namun listrik belum dinikmati secara sempurna.

Politisi PDIP itu mengingatkan Pemprov Kaltim untuk berkoordinasi dengan PLN agar tidak ada lagi ketimpangan akses listrik di Benua Etam.

“Kami berharap pada 2024 PLN sudah bangun semua dan nyala listrik di sana. Itu harapan masyarakat di sana ketika saya pulang ke dapil,” terang Agiel.

Sebelumnya, anggota DPRD Kaltim, Ekti Imanuel, mengusulkan 10.000 sambungan listrik baru pada 2024, terutama untuk rumah warga di desa-desa tertinggal dengan pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) komunal.

Saat ini, kata dia, ada rencana dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltim untuk membangun 2.000 sambungan listrik PLTS pada 2024.

Anggota Komisi II DPRD Kaltim, Agiel Suwarno.
“Tapi, jumlah itu dirasa kurang, sehingga perlu ditambah lagi,” ujar Ekti.

Menurut Ekti, program pemanfaatan PLTS Komunal itu memberikan manfaat bagi masyarakat yang berada di lokasi terpencil dan sulit diakses listrik PLN. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT