Deretan Ucapan Belasungkawa Islam Sesuai Sunnah dan Makna Doa

Ilustrasi.

BONTANG – Untuk menyampaikan rasa simpati kepada orang yang ditinggalkan, salah satu caranya adalah dengan ucapan belasungkawa Islam.

Ucapan ini ditujukan untuk mendoakan keluarga yang bersedih agar dilapangkan hatinya. Sementara untuk almarhum, Anda mendoakan agar dilapangkan jalannya dalam kematian.

Ucapan-ucapan ini bisa Anda sampaikan langsung kepada keluarga yang ditinggalkan, maupun melalui pesan singkat saat menerima kabar duka.

Dikutip dari buku Pesan dari Langit karya Syofyan Hadi, kesunahan tersebut termaktub dalam surah Al Baqarah ayat 156. Allah SWT berfirman.

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan “Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji’ūn” (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali).”

Berikut ini ucapan belasungkawa dalam Islam yang bisa disampaikan ketika mendengar kabar seseorang meninggal:

1. Turut berduka atas kepergiannya, semoga Allah SWT menempatkan beliau di sisi-Nya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. Amin

2. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga Allah SWT menempatkan di tempat terbaik dan orang di sekitar diberikan kekuatan untuk melewati musibah ini.

3. Innalillahi wainnalillahi rojiun, turut berduka cita. Semoga beliau ditempatkan di Jannah, Aamiin.

4. Sesungguhnya ia adalah milik Allah SWT dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik.

5. Allahummaghfirlaha warhamha wa’afihi wa’fu’anha (jika yang meninggal wanita). Tetaplah kuat atas kepergiannya. Jangan bersedih, dia sudah mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

6. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga dosa-dosa almarhum/almarhumah diampuni, diterima segala amal ibadahnya, dan ditempatkan dalam surga-Nya yang penuh keberkahan.

7. Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah SWT dan kepada-Nya kita akan kembali. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

8. Kepergian seseorang sudah menjadi takdir Allah SWT. Semoga Allah SWT memberi ketabahan kepada rekan dan keluarga yang ditinggalkan.

9. Semoga Allah SWT memberi keikhlasan serta ketenangan kepada hati-hati yang terluka dan almarhum dapat diterima dengan penuh rahmat dan ampunan.

10. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Sesungguhnya segala sesuatu adalah milik Allah SWT. Semoga almarhum mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya dan diterima semua amal perbuatannya.

11. Doa kami untuknya, semoga dosa almarhum diampuni dan diterima amal ibadahnya. Aamiin. Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu ‘anhu.

12. llahummaghfir lihayyina wa mayyitina, wa shahidina wa gha’ibina, wa saghirina wa khabirina, wa dhakarina wa unthana. Ya Allah, ampunilah hidup lagi mati kami, yang hadir lagi yang tidak hadir, yang kecil lagi yang besar, yang laki-laki lagi yang perempuan.

13. Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘afihi wa ‘fu anhu. Ya Allah, ampunilah dia, berikan rahmat, kesehatan, juga ampunan-Mu.

14. Allahummaghfirlahu, warhamhu, wa ‘afihi, wa’fu ‘anhu. Semoga Allah SWT menerima amal baiknya dan mengampuni segala dosanya.

15. Ketika kita kehilangan seseorang, kita merasa kehilangan sebagian dari diri kita sendiri apalagi bila orang itu adalah orang terdekat kita. Hendaknya keluarga diberikan keikhlasan dan ketabahan.

16. Ketika seseorang meninggal, itu adalah perjalanan menuju Allah SWT. Semoga almarhum/almarhumah berpulang dengan tenang dan bahagia di sisi-Nya.

17. Kematian bukanlah akhir dari segalanya, tetapi merupakan langkah awal dari kehidupan yang abadi di akhirat. Turut berduka cita sedalam-dalamnya, semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik di sisi-Nya.

18. Setiap yang datang pasti akan kembali pula kepada-Nya. Sesungguhnya, Allah SWT telah memiliki rencana bagi semua umat-Nya. Semoga almarhum diberikan tempat terbaik juga ketenangan di sisi Allah SWT.

19. Kullu Nafsin Zaikatul Maut, Allahu akbar. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga Allah SWT memperluas kuburnya dan menerangi dengan berkah-Nya.

20. Innalillahi wainnalillahi rojiun. Semoga kamu diberikan kekuatan menghadapi ujian ini. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita.

21. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Ya Allah, semoga Engkau menerima iman dan Islam (nama almarhum/almarhumah) dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan serta keikhlasan.

22. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, kepergian (nama almarhum/almarhumah) terasa sangat cepat. Kami di sini semua memaafkan kesalahanmu dan semoga Allah SWT memberikan tempat paling mulia untukmu di sisi-Nya.

23. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas meninggalnya (nama almarhum/almarhumah). Semoga Allah SWT mengampuni segala dosanya dalam keadaan husnul khotimah dan memberikan Jannatul Firdaus. Amin ya Rabbal alamin.

24. Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Aku turut berduka cita atas apa yang telah menimpamu, aku berharap agar kamu mendapatkan yang terbaik dan beliau mendapatkan kemudahan di akhirat. Semoga kamu kuat untuk menjalani semua ini.

25. Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Aku dan keluarga turut berduka cita. Semoga seluruh amal dan ibadah almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran serta ketabahan untuk menghadapi ujian ini.

26. Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Aku turut berduka cita. Segala sesuatu yang memiliki nyawa telah Allah tetapkan dalam batas waktunya masing-masing. Oleh sebab itu, maka bersabarlah atas kejadian yang menimpa dirimu saat ini. Lalu percayalah, bahwa pasti ada hikmah di balik semua hal ini.

27. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita paling dalam untuk kamu dan keluarga. Semoga almarhum dan almarhumah diberikan tempat paling baik di sisi Allah SWT. Semoga kamu dan keluarga yang ditinggalkan selalu diberikan ketabahan serta rasa ikhlas. Jangan terlalu larut dalam kesedihan dan tetap semangat.

28. Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Aku dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan oleh Allah. Maka percayalah, bahwa Allah pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga-Nya kelak.

29. Setiap yang datang, pasti akan kembali. Sesungguhnya Tuhan adalah sang pemilik rencana terbaik bagi seluruh umat-Nya yang ada di dunia. Semoga selalu damai dalam surga, semoga selalu tenang dalam pelukan Tuhan yang penuh dengan kasih.

30. Kepulangan dirimu sangat cepat pada sang Khalik. Semua kenangan tentang dirimu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya mampu mendoakan dirimu, agar seluruh amal baikmu diterima dan semua kesalahan-kesalahanmu diampuni oleh Allah SWT. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *