160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Bima Sakti

Bima Sakti, sang pelatih kepala. “Orang Sakti” ini asli kelahiran Balikpapan.
750 x 100 AD PLACEMENT

Ketika Bima Sakti bergabung dengan Persiba tahun 2004-2005, saya masih menjadi wartawan Kaltim Post dan sering meliput pertandingannya. Dia bermain sebagai gelandang dan terkenal dengan tendangan bebasnya yang keras dan akurat. Mengingatkan kita gol sangat penting dari pemain Riski Afrisal ketika Indonesia mengalahkan Myanmar di semifinal, pada Rabu (10/8) lalu.

Setelah bergabung di Persema Malang, Perseba Bangkalan, Mitra Kukar, dan Gresik United, Bima Sakti pulang kandang dan bermain kembali untuk Persiba sekaligus merangkap sebagai asisten pelatih. Saya bertemu lagi dengan Bima Sakti dalam kedudukan saya sebagai wakil wali kota.

Sebelumnya Bima Sakti sempat juga merumput di PKT Bontang, Pelita Jaya, PSM Makassar, dan PSPS Pekanbaru. Ketika di PSM Makassar, timnya sempat menjadi Juara Liga Indonesia dan dia terpilih sebagai pemain terbaik.

Sebelum berakhir masa jabatan saya sebagai wali kota, saya sempat bertemu Bima Sakti ketika pulang kampung. Saya sempat diberi jersi miliknya. “Tradisi Balikpapan melahirkan pemain-pemain terbaik harus terus kita perjuangkan. Apalagi kita punya Stadion Batakan, yang sangat bagus. Persiba harus maju lagi,” ujarnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berdasarkan catatan, karier Bima Sakti di timnas bermula pada 4 Desember 1995 saat dia masih berusia 19 tahun. Sejak itu dia telah mencatat rekor penampilan berkostum Garuda sebanyak 55 kali, hanya kalah dari Kurniawan Dwi Yulianto, yang bermain 60 kali. Dia pernah menyandang ban kapten timnas dan pernah mengantar timnas runner-up Piala Tiger. Dia juga pernah direkrut klub asal Swedia, Helsingborg IF pada 1995.

Karier kepelatihannya setelah menjadi asisten pelatih Persiba, dia ditarik PSSI menjadi asisten pelatih timnas. Sampai akhirnya dipercaya menjadi pelatih Garuda U-16. “Dia pelatih bagus dan penuh disiplin. Juga sangat religius dan sosial,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi, yang kebetulan juga dari Kaltim. Yunus sebelumnya anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Pernah menjadi ketua Asprov PSSI Kaltim dan direktur bisnis Persisam Samarinda.

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Halaman: 1 2 3 4
750 x 100 AD PLACEMENT

Satu komentar tentang “Bima Sakti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT