160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Jawa Tengah, Begini Kondisinya

ILUSTRASI. Pada laporan terbaru Kemenkes, terdapat satu warga Jawa Tengah yang memiliki gejala cacar monyet. REUTERS/Dado Ruvic
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Penyakit cacar monyet (monkeypox) diduga sudah masuk Indonesia. Seorang pasien yang diduga suspek cacar monyet teridentifikasi di Semarang, Jawa Tengah.

Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan pasien merupakan laki-laki berusia 55 tahun. Syahril menyebut pasien bukan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Warga tersebut saat ini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Tengah.

Pasien diketahui mengalami gejala mirip cacar monyet. Ia mengalami demam dan juga bintil-bintil mirip cacar di tubuhnya. Namun, Syahril menekankan bahwa yang bersangkutan belum pasti terinfeksi cacar monyet. Artinya, gejala yang muncul masih mungkin terjadi karena infeksi lain.

“Akan dilakukan pemeriksaan lab PCR untuk memastikannya. Bisa saja hanya cacar biasa atau penyakit lain, bukan monkeypox,” kata Syahril, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (3/8/2022).

750 x 100 AD PLACEMENT

Hasil tes lab PCR pasien suspek cacar monyet diperkirakan keluar lima hingga tujuh hari.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada akhir Juli lalu juga sudah melaporkan setidaknya ada sembilan suspek pasien cacar monyet di Indonesia. Kendati demikian, semua suspek dinyatakan negatif cacar monyet setelah melalui pemeriksaan.

Meski belum ada kasus cacar monyet yang dikonfirmasi di Indonesia, ahli meyakini penyakit tersebut sudah masuk di Tanah Air.  Epidemiologi Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia menilai adanya potensi tersebut.

Dia menjelaskan, umumnya masa inkubasi cacar monyet membutuhkan waktu hingga tiga minggu sampai timbulnya gejala. Karena masa inkubasi yang lama ini, sangat mungkin seseorang lolos dari skrining saat hendak masuk ke Indonesia lantaran tidak menunjukkan gejala. **

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT