160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Piala Adipura Kencana Diarak Keliling Kota Bontang Sabtu Besok

Arak-arakan Piala Adipura Kencana saat 2023 lalu. (ist)
750 x 100 AD PLACEMENT

BONTANG – Piala Adipura Kencana 2023 bakal diarak mengelilingi Bontang. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur Pemkot Bontang bersama seluruh komponen masyarakat yang telah menjaga dan merawat lingkungan di Kota Taman.

Rute arak-arakan pun telah disiapkan. Sama seperti 2023 lalu, Piala Adipura Kencana terlebih dahulu disambut di Tugu Selamat Datang Bontang. Selanjutnya rombongan Wali Kota, Wakil Wali Kota (Wawali) dan pejabat terkait berkeliling di dalam kota.

Rute diawali menuju kawasan Kelurahan Lok Tuan melewati Jalan Dr Cipto Mangunkusumo (Eks Pupuk Raya), kemudian putar balik dan menuju Jalan Bhayangkara hingga ke simpang empat Bontang Baru.

Berikutnya belok kanan menuju Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Beringin, lalu setelah di Puskesmas Bontang Selatan 2, belok kiri menuju simpang tiga Berebas Tengah.

Selanjutnya rute dilanjutkan menuju depan Masjid Al-Hijrah, lalu menuju Pasar Rawa Indah hingga ke simpang Bontang Kuala, dan terakhir menuju Jalan Awang Long hingga finis di depan Rujab Wali Kota.

750 x 100 AD PLACEMENT

Di kawasan rujab, pemkot menyiapkan panggung kehormatan untuk acara simbolis penyerahan bonus dan rangkaian acara lainnya.

“Ini yang membedakan dengan tahun lalu di mana peserta langsung bubar setelah sampai di finis,” kata Syakhruddin, Kabid Kebersihan dan Pemanfaatan Sampah DLH Bontang, Jumat (8/3/2024).

Disiapkannya pangung kehormatan bukan tanpa sebab. Syakruddin bilang, hal ini untuk memangkan acara seremoni yang terlalu lama di Tugu Selamat Datang Bontang.

Sebab di kawasan tersebut merupakan jalur mobiitas yang sangat padat dilalui kendaraan, sehingga jangan sampai seremonial penyambutan Piala Adipura Kencana 2023 mengganggu kenyamanan warga yang melintas.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dirinya turut mengimbau, agar seluruh elemen masyarakat bisa turut memeriahkan eforia arak-arakan piala kebanggaan Bontang tersebut dengan cara menyambut di pinggir jalan rute yang dilewati.

Diberitakan sebelumnya, ada lima kota yang mendapatkan penghargaan Adipura Kencana 2023. Yakni Surabaya kategori kota metropolitan, Balikpapan kategori kota besar, serta Bontang dan Bitung sebagai kota sedang.

Diterimanya penghargaan Adipuran Kencana 2023, menjadi penanda Bontang telah berhasil menorehkan penghargaan serupa sebanyak tiga kali. Sebelumnya pernah diraih di 2013 dan 2022 lalu. Adapun di 2016, Bontang meraih Adipura Kirana.

Jika ditotal sejak awal didapatkannya penghargaan ini hingga sekarang, sudah ada 12 Piala Adipura dari berbagai kategori yang berhasil disabet. Bahkan yang paling membanggakan, Kota Taman pernah meraih penghargaan lingkungan di tingkat ASEAN yakni Certificate of Recognition Clean Land saat 2021 lalu.

750 x 100 AD PLACEMENT

Diketahui, sebelumnya Bontang sempat absen mendapatkan Adipura selama kurun waktu 2020-2021 akibat pandemi Covid-19. Namun pembenahan dan inovasi terus dilakukan dalam hal pengelolaan sampah serta penghijauan dan pelestarian lingkungan. Sehingga Bontang kembali dinyatakan layak untuk meraih penghargaan tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT