160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Peristiwa 7 April: Gunung Vesuvius Meletus hingga Berdirinya WHO

Foto Gunung Vesuvius yang meletus tahun 1906, meluluhlantakkan kota Napoli, Italia. Letusan ini diklaim terburuk setelah tragedi yang mengubur kota Pompeii. [FOTO: awesomestories.com]
750 x 100 AD PLACEMENT

BERAGAM peristiwa pernah terjadi di muka bumi pada 7 April. Dari mulai meletusnya Gunung Vesuvius di Napoli, Italia pada 1906, World Health Organization (WHO) didirikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, hingga aktor laga legentdaris dari China, Jacky Chan pada 1954.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting PRANALA.co rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 7 April.

1906 – Gunung Vesuvius meletus dan menghancurkan Napoli

Gunung Vesuvius adalah satu-satunya gunung berapi aktif di daratan Eropa yang terletak di sebelah timur Napoli, Italia. Gunung ini pernah meletus pada tahun 79 hingga menghancurkan kota Pompeii.

Gunung ini telah meletus beberapa kali dan saat ini dianggap sebagai salah satu gunung berapi yang paling berbahaya di dunia karena terdapat penduduk sebesar 3 juta orang yang tinggal di dekatnya dan kecenderungan mereka tinggal ke arah ledakan.

750 x 100 AD PLACEMENT
1947 – Partai Ba’ath didirikan di Damaskus

Partai Ba‘ath terdiri dari beberapa partai politik yang mewakili sisi politik gerakan Ba’ath. Pada awalnya Partai Ba’ath berfungsi sebagai partai pan-Arab dengan cabang di beberapa negara Arab. Pada tahun 1996 partai ini terpecah dua, satu cabang berbasis di Suriah dan satu lagi di Irak. Kedua partai Ba’ath ini memiliki struktur yang paralel di dunia Arab.

Partai Ba’ath mulai memegang kuasa di Suriah pada tanggal 8 Maret 1963 dan tetap berpengaruh sampai sekarang; Ba’athis memegang kuasa di Irak sejak Februari 1968 sampai 2003. Setelah penyingkiran de facto pemimpin Baath Saddam Hussein pada perang Irak 2003, pemerintahan yang menduduki Irak melarang Partai Ba’ath pada Juni 2003.

1948 – World Health Organization (WHO) didirikan Perserikatan Bangsa-Bangsa

WHO adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. Direktur Jendral sekarang adalah Margaret Chan (menjabat mulai 8 November 2006). WHO mewarisi banyak mandat dan persediaan dari organisasi sebelumnya, Organisasi Kesehatan, yang merupakan agensi dari LBB.

1954 – Lahirnya aktor laga Jackie Chan

Jackie Chan adalah salah satu tokoh yang terkenal dalam seni bela diri (kung fu) dari China dan aktor layar lebar dunia yang terkenal dengan aksi pertarungan akrobatiknya, ahli penggunaan berbagai macam alat yang ditemui di sekitarnya sebagai senjata dan aktor laga yang memiliki banyak inovasi. Ia telah mendalami seni peran sejak tahun 1970-an, dan sudah tampil tak kurang dalam 100 film serta pernah menerima penghargaan di Hong Kong Avenue of Stars dan di Hollywood Walk of Fame.

750 x 100 AD PLACEMENT
1969 – Penerbitan RFC 1 sekaligus menandai kelahiran Internet secara simbolis

Sebuah dokumen Request for Comments (RFC) adalah salah satu dari seri dokumen infomasi dan standar internet bernomor yang diikuti secara luas oleh perangkat lunak untuk digunakan dalam jaringan, Internet dan beberapa sistem operasi jaringan, mulai dari Unix, Windows, dan Novell NetWare.

RFC kini diterbitkan di bawah arahan Internet Society (ISOC) dan badan-badan penyusun-standar teknisnya, seperti Internet Engineering Task Force (IETF) atau Internet Research Task Force (IRTF). **

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT