160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Harga Daging Sapi di Balikpapan Tembus Rp150 Ribu

Ilustrasi. Harga Daging Sapi di Balikpapan Tembus Rp150 Ribu
750 x 100 AD PLACEMENT

PASOKAN sapi di Kota Balikpapan terbatas. Harga dagingnya pun naik. Semula Rp135 ribu jadi Rp150 ribu per kilogram. Atau naik 11 persen.

Pembatasan pasokan sapi untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) jadi penyebab harga daging naik. Harga tersebut bisa ditemui di Pandansari, Balikapapan, pasar yang dianggap pasar induk.

“Pasokan sapinya memang terbatas,” ucap Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Heria Prisni, mengutip Antara, Jumat (3/6/2022).

Gegara PMK ini juga berimas kepada pasokan sapi untuk Iduladha di Balikpapan. Tercatat, 1.100 ekor sapi baru tersedia. Padahal, dibutuhkan 3 ribu ekor lebih.

750 x 100 AD PLACEMENT

Jika merujuk jumlah penduduk Balikpapan yang mencapai  700 ribu lebih jiwa, kota setempat memerlukan rata-rata 40 ekor sapi per hari untuk mendapatkan lebih kurang 4 ton daging segar.

Sapi-sapi tersebut biasanya didatangkan dari Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Jawa, hingga Aceh. Dengan belum terkendalinya wabah PMK di Jawa dan Aceh, pasokan dari kedua wilayah itu dilarang.

“Kalau pasokan dari Nusa Tenggara dan Sulawesi sudah dibolehkan masuk. Tapi, syaratnya hewan harus dikarantina selama 14 hari di daerah asal sebelum dikirim ke Balikpapan, dan sesampai di Balikpapan dikarantina lagi 5 hari,” urai Prisni.

Masa karantina ini, lanjut Prisini diklaim bisa mengatrol harga daging. Peternak masih menanggung biaya makan sapi-sapinya selama di karantina selain risiko di jalan. Penundaan masuk Rumah Potong Hewan (RPH) juga artinya menunda pasokan daging.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sebagai solusi lain, Kepala Dinas Pangan juga mengingatkan ada produk daging beku. Di Balikpapan, daging beku tersedia di supermarket dan di toko-toko khusus.

Harga daging sapi naik ini membuat pedagang pun tak berkutik.  Rudoyo misalnya. Pedagang daging di Pasar Pandansari. Selama pasokan susah, dia menjual tak lebih dari 10 kilogram daging sehari, hanya separuh dari hari-hari pasokan normal.

“Biasanya tidak kurang dari 20 kg sehari,” ungkapnya. Ia pun berharap harga daging bisa turun sampai Rp125 ribu per kg agar pelanggannya kembali. (*)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Satu komentar tentang “Harga Daging Sapi di Balikpapan Tembus Rp150 Ribu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT