160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Harga Daging Ayam di Balikpapan Sudah Tak Wajar

Ilustrasi penjual daging ayam potong.
750 x 100 AD PLACEMENT

BALIKPAPAN, newsborneo.id – Melonjaknya harga daging ayam potong di Balikpapan, Kaltim dianggap sudah tak wajar. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pun membeberkan sejumlah alasannya.

Sejak 10 hari terakhir harga daging ayam melonjak tinggi di pasar tradisional hingga Rp65.000 per ekor untuk ayam hidup berat sekira 1,7 kilogram per ekor ayam hidup. Dari biasanya sekira Rp55.000/ekor dengan berat sekitar 2 kilogram per ekor ayam hidup.

Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil V Balikpapan Manaek Pasaribu menyatakan ketidakcermatan breeding farm memprediksi permintaan DOC (Day Old Chick) mengakibatkan distribusi kepada peternak berkurang.

Dia menambahkan, biasanya satu hingga dua minggu sebelum dan setelah Idulfitri, peternak tidak memasukkan DOC ke kandang. Sehingga siklus pembesaran DOC menjadi ayam potong terhenti.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Dampaknya pasokan ayam potong menjadi berkurang. Hal ini biasanya terjadi setiap tahun di momen sebelum dan setelah Idul Fitri,” jelas Manaek Pasaribu dalam keterangan tertulis diterima Jumat (17/6/2022).

Manaek Pasaribu menjelaskan, KPPU pernah melakukan penanganan Perkara dan memutus Putusan KPPU No. 02/KPPU-I/2016 tentang Dugaan Pelanggaran Pasal 11 UU No. 5 Tahun 1999 terkait Pengaturan Produksi Bibit Ayam Pedaging (Broiler) di Indonesia.

Putusan tersebut memutus 12 perusahaan dalam praktik kartel ayam yang terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 11 Undang-undang nomor 5 tahun 1999.

Pelaku usaha tersebut diputus bersalah karena terbukti bersepakat melakukan afkir dini induk ayam (parent stock). Bahkan, kesepakatan itu dicapai setelah serangkaian pertemuan yang dilakukan yang dilakukan oleh para breeding farm,” kata Manaek Pasaribu.

750 x 100 AD PLACEMENT

Manaek bilang, afkir dini induk ayam oleh para pelaku usaha, secara langsung merugikan peternak ayam skala kecil karena harga bibit ayam jadi mahal. Namun, secara tidak langsung juga merugikan konsumen karena harga daging ayam di pasaran turut terkerek naik.

KPPU Kanwil V akan senantiasa mengawasi kenaikan harga daging ayam yang eksesif, termasuk distribusinya sehingga tidak berpotensi terjadinya praktik kartel pada komoditas ayam potong. [RIL]

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

3 komentar tentang “Harga Daging Ayam di Balikpapan Sudah Tak Wajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT