160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

DPRD Kaltim Dorong Peran Aktif Ormas Kawal Pemilu

750 x 100 AD PLACEMENT

KETUA DPRD Kaltim, Hasanuddin Mas’ud, mengatakan Pilkada 2024 akan menjadi momentum penting bagi bangsa Indonesia untuk menentukan pemimpin yang akan membawa perubahan dan kemajuan. Untuk itu, dia mendorong partisipasi aktif semua pihak termasuk organisai masyarakat (Ormas).

Menurutnya, ormas adalah wadah bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan sesuai dengan tujuan nasional yang tercantum dalam UUD 1945 yang memiliki peran strategis dan signifikan.

Ormas juga memiliki kekuatan dan pengaruh yang besar dalam membentuk opini publik. Dengan fungsi tersebut, dia mendorong partisipasi Ormas untuk suksesi Pilkada 2024.

“Sebagai bagian dari masyarakat sipil, ormas harus menjadi garda terdepan dalam mengawal demokrasi. Ormas harus menjadi salah satu pemantau dalam proses pilkada agar berjalan dengan baik,” kata Hamas, sapaan akrab Hasanuddin Mas’ud, Senin(13/11/2023).

Hamas mengatakan, jangan sampai ada ormas yang masih bersikap pasif dan apatis dalam menghadapi pilkada dan lebih mementingkan kepentingan internal atau kelompoknya daripada kepentingan umum.

“Atau ada ormas yang justru membuat kegaduhan, tidak menjaga kondusifitas pilkada. Dengan partisipasi aktif ormas, kami yakin, Pilkada 2024 akan menjadi lebih demokratis, transparan, dan akuntabel,” terangnya.

Politisi Partai Golkar ini mendorong ormas di Kaltim turut terlibat bersama pemerintah dan penyelengaran pemilu melakukan edukasi, sosialisasi, dan advokasi kepada masyarakat tentang pentingnya pilkada.

Hal itu bertujuan agar masyarakat betul-betul paham yang dipilih adalah yang menentukan nasib mereka untuk lima tahun ke depan. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT