160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Dispora Kaltim Sebut Perkemahan Barasaka 2023 Jadi Wadah Positif Pemuda

750 x 100 AD PLACEMENT

SEBANYAK 340 peserta dari berbagai daerah mengikuti Perkemahan Barasaka 2023 se Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang dipercayakan kepada Kota Bontang sebagai tuan rumah.

“340 peserta ini terdiri dari enam kontingen dari Bontang dan lima kontingen dari luar Bontang seperti Berau, Samarinda, Balikpapan, Kukar, dan Kutim,” kata Bahri, Kabid Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, saat penutupan perkemahan di Buperta Taman PKK, Kota Bontang pada Sabtu, 18 November 2023.

Peserta ini berasal dari 10 Satuan Karya (Saka), antara lain Saka Bahari, Husada, Kalpataru, Bhayangkara, Kencana, Pariwisata, dan Wanabakti dari berbagai daerah di Kaltim, sehingga mereka terlibat dalam pembinaan dan pengasahan kapasitas diri.

“Fungsi Perkemahan Barasaka dalam proses pencapaian tujuan kepramukaan, ada beberapa fungsi Pramuka yang dilaksanakan di giat ini,” kata Bahri, mewakili Kepala Dispora Kaltim M Agus Hari Kesuma.

Ia menyatakan, setiap generasi muda membutuhkan kegiatan menyenangkan, sekaligus mendidik agar mereka menjadi individu yang lebih baik.

Untuk itu, dalam perkemahan ini juga diisi berbagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan, mempunyai tujuan peningkatan kapasitas, menyehatkan, dan terarah.

“Kegiatan Pramuka juga merupakan tugas yang diemban dengan ikhlas, kerelaan, dan pengabdian, sehingga melalui Pramuka inilah mereka dapat membaktikan diri secara sukarela demi mencapai tujuan Kepramukaan,” kata Bahri.

Perkemahan Barasaka ini ditutup oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bontang Budi Supriyanto, didahului prosesi tutup adat Bessai Berinta, yaitu menebaskan mandau ke pohon yang sudah disediakan sebagai media.

Selanjutnya diadakan pelepasan tanda peserta yang didahului oleh Ketua Kwarcab, disusul pemakaian tanda telah mengikuti Perkemahan Barasaka 2023 oleh Dispora Kaltim yang diwakili Bahri, selaku Kabid Pemberdayaan Pemuda.

“Pramuka memiliki peran sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan organisasi Kepramukaan, maka setiap kegiatan Pramuka dalam bentuk latihan berkala adalah suatu upaya untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai,” kata Bahri. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT