160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Ratusan Peneliti Cilik Ramaikan Sains Fair 2022 Sekolah Alam Baiturrahman

750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Riuh rendah suara terdengar mewarnai arena pelataran hingga halaman parkir masjid Baiturrahman Pupuk Kaltim, di Jalan Tulip Kelurahan Belimbing, Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (26/11/2022).

Keriuhan itu tampak saat ratusan peneliti cilik sedang menyusun bahan berbentuk papan kliping yang sudah disiapkan dari rumah untuk disusun rapi diatas meja yang sudah disiapkan di pelataran Masjid Baiturrahman.

Bahan berbentuk map besar berbahan plastik itu nantinya akan dijadikan siswa sebagai media untuk presentasi kepada pengunjung yang datang. Ya, seluruh siswa TK, SD dan MTS Alam Baiturrahman sedang menjadi peserta alias peneliti dalam event Sains Fair Bontang 2022.

Event yang menyajikan hasil eksperimen sains siswa dalam memahami ilmu pengetahuan dan teknologi itu telah dipersiapkan sejak Tiga bulan sebelum acara puncak.

Kegiatan yang digelar Dua hari berturut-turut sejak tanggal 26 hingga 27 Nopember 2022 menyajikan beberapa kegiatan seperti science fair (Show Case Science Exsperimen), Bazar , Lomba-lomba, dan Presentasi Profesor cilik dari berbagai level dan tingkatan

750 x 100 AD PLACEMENT

Muhammad Baihaki, Ketua panitia event Sains Fair 2022 ini mengungkapkan maksud digelarnya kegiatan. Dikatakannya kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memotivasi seluruh elemen sekolah untuk dapat menciptakan sebuah karya sains dan teknologi.

“Kegiatan ini sebagai motivasi bagi siswa dan guru dalam menciptakan karya sains nya. Kami yakin hal ini akan bermanfaat bagi anak dan Pengunjung,”ujarnya

Biki sapaan akrab Kepala Sekolah Mts Alam Al Hafidz Baiturahman ini mengajak Seluruh elemen Sekolah Alam Baiturrahman Bontang untuk memaknai proses sains yang terjadi dalam kegiatan sehari-hari guna meningkatkan ketaqwaan terhadap pencipta semesta, Allah SWT.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Bontang untuk berkreasi bersama Sekolah Alam Baiturrahman melalui lomba yang diadakan saat sains fair,” harapnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kegiatan ini juga berlangsung dengan mengikutsertakan peneliti cilik sekolah dari luar. Keikutsertaan beberapa siswa SD di Kota Bontang tersebut dalam memperagakan pembuatan roket dari bahan yang mudah dijumpai sehari hari.

Panitia Sains Fair 2022 telah mengumumkan nama pemenang lomba roket. Berikut nama namanya: Juara 1 di peroleh Maiyah 1, Juara 2 Maiyah 2 dan Juara 3 oleh SDN 004 Bontang Utara.

Karya Ratusan Peneliti Cilik Meriahkan Sains Fair 2022 Sekolah Alam Baiturrahman

“Event ini di lombakan untuk kelas 4 sampai 6 dari luar sekolah Alam. Baiturrahman, kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya,” ucap Biki.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sementara itu kunjungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang yang dihadiri oleh Kabid PNF, Yuti Nurhayati mengapresiasi upaya Sekolah Alam Baiturrahman menggelar event yang terbilang pertama kali di Kota Bontang ini.

Yuti sapaan akrab wanita pendidik ini berharap kegiatan ini dapat terus ditingkatkan, menurutnya terkadang melalui event seperti ini kadang anak lebih dahsyat dari apa yang kita pikirkan.

“Kegiatan Sains Fair ini adalah salah satu kegiatan yang  menfasilitasi anak berkreasi, berinovasi, bebas menuangkan sesuati yang ada di pikirannya,”ujar Yuti usai lakukan visitasi stan para Peneliti cilik sekolah alam Baiturrahman.

Selain itu Bazar UMKM tampak pula menjadi pembeda dalam kegiatan  Sains Fair ini. Puluhan pedagang dari kreatifitas guru dan orang tua siswa mengisi stan-stan UMKM yang sudah disiapkan.

Tak hanya makanan dan minuman saja, pakaian serta merchandise menarik bisa dibeli di arena Bazar Sains Festival 2022.

Dalam event tahunan itu tak hanya siswa, guru dan Karyawan Sekolah alam Baiturrahman Bontang saja yang memadati arena Sains Fair. Tampak pula orang tua siswa serta sejumlah masyarakat kota Bontang turut mewarnai  Sains Fair 2022. (*)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT