DPRD Kaltim Dorong Perkembangan Sektor Pariwisata Berau

ANGGOTA Komisi III DPRD Kaltim, M Udin, mengatakan pentingnya pemberdayaan masyarakat Kabupaten Berau dalam pengembangan sektor pariwisata.

Menurut Udin, perlu dibuatkan regulasi jika ada pengunjung dari Kota Tarakan, Kalimantan Utara, menuju Berau tetap dipandu oleh masyarakat lokal, sehingga hal itu bisa meningkatkan kesejahteraan warga di sana.

Udin juga mengungkapkan masih ada temuan banyaknya keluhan dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat di area pesisir, seperti kurangnya aturan, infrastruktur, dan keterampilan pemandu wisata.

Oleh karenanya, Udin meminta agar masyarakat bisa melalui tiga hal penting, yakni akomodasi, pemandu wisata, dan kerja sama.

“Harapannya Pemda dapat memperhatikan kualitas dan kuantitas akomodasi di Berau, seperti hotel, resort, cottage, dan homestay,” ujarnya, Selasa (14/11/2023).

Politisi Partai Golkar ini juga menekankan pentingnya keterampilan dan pengetahuan masyarakat setempat tentang pemanduan wisata, bahasa asing, budaya lokal, keamanan dan lingkungan.

Menurutnya, hal ini akan meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan wisatawan.

“Masyarakat setempat bisa menjadi pemandu wisata yang profesional dan ramah yang bisa memberikan informasi dan pengalaman yang menarik kepada wisatawan,” ungkapnya.

Udin juga mengajak kepada seluruh institusi terkait untuk dapat meningkatkan kerja sama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan pariwisata di Berau.

“Tentunya ini akan meningkatkan sinergi dan efektivitas dalam mempromosikan, melindungi, dan melestarikan potensi pariwisata Berau,” katanya.

Dia menambahkan, pemerintah juga bisa memberikan fasilitas, regulasi, dan insentif yang mendukung industri pariwisata.

Anggota Komisi III DPRD Kaltim, M Udin (DPRD Kaltim)
Sedangkan, swasta bisa berinvestasi dan berinovasi dalam menciptakan produk dan layanan pariwisata yang berkualitas.

Di sisi lain, masyarakat bisa berpartisipasi dan berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam dan budaya Berau. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *