160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

DPRD Bontang: Banyak Orangtua Pilih Daftar Offline di Sekolah

Komisi I DPRD Bontang melakukan kunjungan kerja ke sekolah terkait PPDB.
750 x 100 AD PLACEMENT

BONTANG, newsborneo.id – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB secara daring di Kota Bontang kurang diminati. Hal itu ditandai saat Komisi I DPRD Bontang meninjau langsung pelaksanaan PPDB tingkat SMP pada, Selasa (21/6/2022).

Dari pantauan anggota Komisi I DPRD Bontang saat sidak ke sekolah, masih banyak orangtua yang memilih mendaftarkan anaknya secara offline.

Anggota Komisi I DPRD Bontang, Abdul Haris menilai sosialisasi pelaksanaan PPDB online masih kurang optimal.

“Padahal dengan PPDB Online semua jadi lebih mudah dan transparan. Tapi ketika dilihat langsung ke sekolah, banyak orangtua masih antre mendaftar offline,” terangnya, Rabu (22/6/2022).

750 x 100 AD PLACEMENT

Sidak yang dilakukan Komisi I ini untuk memantau secara langsung pelaksanaan PPDB. Dari pantauan, sistem jalannya opsi PPDB Online tahun ajaran 2022/2023 sudah cukup baik. Hanya saja, peserta banyak memilih mendaftar secara offline.

“Sangat disayangkan, karena masih banyak yang memilih mendaftar offline. Padahal sistem online kan lebih dimudahkan,” tuturnya.

Abdul Haris pun meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) agar lebih memaksimalkan menerapkan PPDB Online. Upaya sosialisasi PPDB Online harus terus ditingkatkan, meski masih banyak sekolah yang menerapkan offline,” pesannya.

Sementara, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Bontang, Saparudin mengakui dalam pelaksanaanya PPDB Online masih minim peminat.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kata dia, sejauh ini wali murid lebih suka datang langsung ke sekolah. Upaya sosialisasi juga telah dilakukan maksimal.

“Ia, harusnya PPDB Online lebih memudahkan wali murid. Faktanya, itu masih jadi kendala,” ucapnya.

Saparudin menduga selain persoalan teknis penguasaan teknologi. Hal itu juga terjadi lantaran masih rendahnya tingkat kepercayaan wali murid terhadap mekanisme PPDB Online, sebab bertahun-tahun terbiasa dengan sistem ofline.

“Yang jelas kita upayakan optimal PPDB berjalan optimal. Baikyang daftar online maupun ofline,” pungkasnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sekadar informasi, PPDB tahap pertama telah berakhir. Saat ini, PPDB yang berjalan ialah jalur pindahan orangtua dan siswa berprestasi yang berlangsung hingga 23 Juni mendatang. (ADS/js)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

3 komentar tentang “DPRD Bontang: Banyak Orangtua Pilih Daftar Offline di Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT