160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Perpecahan KNPI karena Pembiaran dari Pemerintah

750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Pemerintah disebut melakukan pembiaran terkait perpecahan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Wakil Ketua DPRD Bontang mengatakan seharusnya pemerintah pusat turut andil dalam mendamaikan dua poros pemuda Indonesia itu.

Perpecahan di tubuh KNPI sendiri berawal dari DPP KNPI Pusat pada periode 2005-2008. Terjadi perebutan pengaruh elit KNPI antara kelompok Ketua DPP Hasanuddin Yusuf versus Munawar Fuad (sekjennya). Dari sinilah dualisme kepemimpinan atau adanya dua matahari dalam satu organisasi.

Akibat ketegangan kedua poros besar internal ini, berujung pada penonaktifan Hasanuddin Yusuf sebagai Ketua Umum dan diganti Hans Havloni Silalahi sebagai Pelaksana Tugas (Plt), pada Musyawarah Pimpinan Paripurna di Pekanbaru Riau, Juli 2008. Inilah cikal bakal konflik internal KNPI yang menjadi kisruh berkepanjangan ditubuh wadah berhimpunnya.

Agus Haris yang juga mantan Ketua KNPI Kota Bontang itu menuturkan, perselisihan dalam tubuh KNPI berlanjut hingga ke Kota Bontang. Terbitnya SK DPP KNPI nomor kep.013/DPP KNPI/VIII/2015/ tentang pengesahan penetapan penggantian antar waktu DPD KNPI kaltim periode 2013-2016 dibawah Kepengurusan Khairuddin.

SK Khairudin itu mengesahkan Ahmad Faisal sebagai ketua DPD II KNPI Bontang, padahal sebelumnya DPD II KNPI Bontang dibawah kepemimpinan Agus Haris masih memimpin sebagai Ketua umum.

“Pemuda Bontang yang tergabung dalam KNPI kini tak bisa bergerak maksimal secara terorganisir,” jelas Agus Haris saat ditemui awak media di sela Kegaiatan Muscab Pemuda Panca Marga, Sabtu (6/11/2021).

“Tigalisme yang terjadi di tubuh pemuda ini terkesan ada pembiaran dari pemerintah,” tambah Agus Haris.

Agus Haris menyayangkan hal tersebut, bahkan hingga 5 tahun terakhir KNPI yang menaungi ratusan organisasi kepemudaan itu kini masih belum bersatu.

Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen pemuda. Baik di level Pimpinan maupun tingkat bawah, agar bersatu kembali dan melupakan perbedaan.

Khusus di Kota Bontang, Agus Haris berharap agar perpecahan tidak terjadi meskipun di provinsi masih terpecah. Ia mengajak semua elemen pemuda untuk mencari jalan keluar terbaik guna penyatuan KNPI Bontang.

“Yang penting disini kita satu, Karen ini penting untuk pergerakan dan persatuan pemuda supaya agenda anak muda di Bontang berjalan optimal,” ungkapnya. [ADS]

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT