160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

DPRD Kaltim Jelaskan Pentingnya Sosialisasi Wawasan Kebangsaan ke Warga

750 x 100 AD PLACEMENT

ANGGOTA DPRD Kaltim, Mimi Meriami BR Pane, melaksanakan kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Sabtu (11/11/2023).

Mimi Pane melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan didampingi narasumber dosen dari Fakultas Hukum Universitas Balikpapan (Uniba) Wawan Sanjaya.

Mimi Meriami menjelaskan, Sosialisasi Wawasan Kebangsaan sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat, terutama 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta Bhineka Tunggal Ika.

Dia mengatakan, sosialisasi 4 pilar kebangsaan adalah untuk menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

“Jadi, saya berharap meskipun kita berbeda-beda suku, agama maupun golongan, kita tetap saling menghormati satu dengan yang lain,” kata Mimi Pane.

Mimi Pane menambahkan, selain Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, pihaknya juga melakukan sosialisasi perda serta melakukan reses guna menjaring aspirasi masyarakat.

Dosen Fakultas Hukum Uniba, Wawan Sanjaya, menambahkan, Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang suatu bangsa mengenai diri dan ideologinya, serta cita-citanya yang diorientasikan untuk memperkokoh dan menjaga persatuan dan ketahanan bangsa.

Adapun tujuan dan sasaran Wawasan Kebangsaan di antaranya untuk mewujudkan bangsa yang kuat, rukun bersatu, berdaya saing tinggi, sejahtera, terjaganya sejarah kebangsaan Indonesia dan cinta NKRI, serta revitalisasi-reaktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Wawan berharap ke depan nilai-nilai dalam Pancasila harus tetap dipertahankan.

Sehingga Wawasan Kebangsaan tidak sekadar dihafal, tetapi harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti toleransi dan kebersamaan antar warga yang hidup bergotong-royong.

“Indonesia terdiri dari beragam adat budaya, suku dan agama, namun masyarakatnya tetap hidup rukun dan damai serta saling tolong menolong,” ungkapnya. (ADS)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT