160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Rekomendasi Tempat Wisata Gunung di Pulau Kalimantan

750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.id – Berikut ini redaksi merekomendasikan tempat wisata gunung di Kalimantan. Tidak hanya bagi para pendaki dan pecinta alam saja, namun gunung-gunung ini dapat kamu kunjungi bersama pasangan maupun keluarga.

Ya, Pulau Kalimantan dikenal sebagai pulau yang identik dengan hutannya lebat dan asri. Pulau ini banyak memiliki panorama indah dengan kebudayaannya yang unik. Berikut ini redaksi pranala merekomendasikan tempat wisata gunung di Kalimantan. Tidak hanya bagi para pendaki dan pecinta alam saja, namun gunung-gunung ini dapat kamu kunjungi bersama pasangan maupun keluarga.

Kalimantan salah satu pulau yang menawarkan banyak panorama indah serta kebudayaan unik yang kali ini akan kita bahas adalah pulau Kalimantan.

Pulau dengan luas 743.330 km2 ini memiliki kekayaan alam yang memukau. Mulai dari pantai, hutan hujan tropis yang sangat luas, hingga pegunungan.

Disebut sebagai paru-paru dunia, Kalimantan memikiki pegunungan yang sangat indah, hutan tropis serta lautan luas.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berikut ini redaksi pranala merekomendasikan tempat wisata gunung di Kalimantan. Tidak hanya bagi para pendaki dan pecinta alam saja, namun gunung-gunung ini dapat kamu kunjungi bersama pasangan maupun keluarga.

  • Gunung Kemul

Gunung Kemul atau gunung Kung Kemul yang berada di di Long Sule, Kayan Hilir, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Gunung ini menjadi saksi sejarah antara beberapa suku yang berperang di zaman dahulu.

Setelah perang antar suku tersebut berakhir, pemukiman suku yang menempati gunung Kemul ini pun bergeser alih menjadi perkebunan sawit.

Kini gunung Kalimantan dengan tinggi 1.847 meter di atas permukaan laut ini mulai dikunjungi oleh banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahannya.

750 x 100 AD PLACEMENT
  • Gunung Palung

Ada gunung dengan ekosistem lengkap di Kalimantan Barat. Yup, tempat itu adalah Gunung Palung. Tepatnya di Sedahan Raya, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Kekayaan yang terdapat di wisata gunung di Kalimantan Barat ini akan membuat Anda kagum! Sebabnya, gunung yang berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung ini memiliki air terjun yang berujung ke pantai pada kaki gunungnya.

Pegunungan tinggi di puncaknya dengan ketinggian 1.116 meter di atas permukaan laut. Selain itu, para pengunjung yang datang dapat melihat orang utan di habitat aslinya. Jika beruntung.

Setelah menikmati hijaunya pegunungan serta primata eksotis di dalamnya, wisata kalian lebih lengkap dengan mencicipi kuliner khas Kalimantan Barat nan lezat.

750 x 100 AD PLACEMENT
  • Gunung Niut

Gunung Niut termasuk ke dalam Cagar Alam Niut Penrissen yang bagian utaranya berbatasan dengan Negeri Jiran, Malaysia. Tepatnya, di Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Wisata gunung di Kalimantan Barat ini sendiri bertetangga dengan Gunung Serang dan Gunung Penrissen yang memiliki ketinggian rata-rata 1.500 meter di atas permukaan laut.

Bagi para wisatawan yang berencana berkunjung ke Kawasan Cagar Alam Niut Penrissen, disarankan untuk membawa perbekalan seperti air minum serta makanan ringan sendiri.

  • Gunung Liangpran

Gunung yang satu ini merupakan gunung tertinggi di Kalimantan Timur dengan ketinggian 2.240 meter di atas permukaan laut. Lokasinya di Long Pahangai, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

Banyak pendaki yang berkunjung untuk menaklukkan Gunung Liangpran ini. Namun, jangan khawatir, karena Anda tetap dapat mengunjungi dan menikmati keindahan gunung ini tanpa membawa kelengkapan berkemah.

Lokasi Gunung Liangpran yang berada di kabupaten Kutai Barat ini cukup mudah di jangkau, sehingga terdapat berbagai penginapan di area ini.

  • Gunung Beriun

Berbeda dengan gunung- gunung yang disebutkan sebelumnya, Gunung Beriun dinilai masih merupakan gunung yang “perawan” dan belum banyak didaki hingga puncaknya oleh para pendaki.

Wisata gunung yang terletak di Karangan, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur ini memiliki ketinggian 1.261 meter di atas permukaan laut.

Para pelancong akan menikmati rimbunnya pepohonan dan sejuknya udara di area hutan di bawah kaki Gunung Beriun.

Walaupun tidak datang untuk mendaki, kamu tetap dapat berwisata dengan melakukan piknik bersama dengan keluarga, teman, maupun pasanganmu.

  • Gunung Bukit Raya

Gunung Bukit Raya berada di Sebaung, Marikit, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Gunung Bukit Raya ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, yang juga bagian dari pegunungan Muller Schwaner.

Gunung ini mewakili pulau Kalimantan di The Seven Summits of Indonesia, atau tujuh puncak tertinggi di 7 pulau besar di Indonesia dengan tinggi 2.278 meter di atas permukaan laut.

Wisata gunung di Kalimantan yang satu ini menawarkan banyak aktivitas untuk para pengunjung. Para pengunjung dapat beraktifitas di tengah indahnya alam yang beragam.

Mulai dari mengunjungi sumber air panas Sepan Apoi, arung jeram, dan juga melihat hewan serta tumbuhan eksotis yang terdapat di Taman Nasional di Bukit Raya ini.

Usai lelah berwisata di area Bukit Raya, kamu dapat beristirahat di penginapan yang tersedia di area Kalimantan Tengah.

  • Gunung Halau Halau

Wisata gunung di Kalimantan Selatan yang satu ini memiliki ketinggian 1.901 meter di atas permukaan laut. Gunung Halau- Halau ini juga masih terhitung jarang dikunjungi oleh para pendaki.

Gunung terletak di Dusun Kiyu, Desa Hina Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai, Kalimantan Selatan ini memiliki jalur pendakian cukup menantang.

Namun akan terbayarkan dengan panorama yang ditawarkan Halau-Halau ini. Saat kamu beruntung, kamu dapat melihat hamparan awan dari puncak gunungnya.

  • Gunung Meratus

Wisata gunung di terletak di Limbur, Hampang, Kotabaru, Kalimantan Selatan ini cukup digemari para wisatawan, karena keindahan pemandangan yang terbentang dari ketinggian gunung.

Hamparan padang rumput yang hijau dapat menjadi spot foto yang sangat menarik, dengan panorama bukit dan kota di belakangnya.

Ketinggian gunung Meratus ini adalah 1.892 meter di atas permukaan laut, sehingga cukup mudah di jangkau bagi para pendaki pemula.

Selain datang untuk mendaki, kamu juga dapat berpiknik di area gunung ini. Jika kamu tidak berencana untuk berkemah, kamu tetap dapat bermalam di penginapan yang dapat kamu reservasi.

Nah, itu dia delapan rekomendasi tempat wisata Gunung di Pulau Kalimantan. Yuk, kunjungi tempat wisata Indonesia yang menyimpan berbagai kekayaan alam, dan juga budayanya sebagai bentuk dukungan kepada tempat wisata lokal. **

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT