160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Puncak Arus Mudik Transportasi Laut Diprediksi Mulai 13 sampai 17 April 2023

Ilustrasi. Aktivitas kapal di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Kaltim.
750 x 100 AD PLACEMENT

PUNCAK arus mudik lebaran dengan transportasi laut di Pelabuhan Semayang, Balikpapan diprediksi mulai 13 hingga 17 April 2023 mendatang.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Balikpapan, Kalimantan Timur Captain Mugen Suprihatin Sartoto mengatakan untuk mengantisapi kepadatan penumpang, pihaknya telah menyiapkan 12 kapal.

“Kami memprediksi pada tanggal 13-17 April 2023, karena ada tiga kapal yang jadwal kedatangan secara bersamaan, sehingga kami nilai situasi itu sebagai puncak untuk moda transportasi laut,” katanya.

Dia mengatakan, untuk persiapan mudik Lebaran tahun ini pihaknya menyiapkan 12 kapal dengan kapasitas penumpang tercatat 67.000.

Selain itu, juga didirikan posko mulai tanggal 7 April hingga 8 Mei 2023 dengan melibatkan aparat keamanan dari Polri dan TNI.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Sebulan lebih kita siapkan, karena seperti diketahui angkutan laut ini dari segi perjalanan lebih lama,” jelasnya.

Selain itu, Pelabuhan Semayang, Balikpapan juga menyiapkan tenda di luar terminal keberangkatan. Tenda tersebut, kata dia, didirikan agar ruangan di pelabuhan tersebut tidak sesak dan masyarakat bisa beristirahat sambil menunggu kedatangan kapal.

Ia mengungkapkan, meskipun kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah dicabut, pihaknya tetap menerapkan aturan di pelabuhan lebih spesifik, karena penumpang kapal ini tidak seperti pesawat.

Oleh sebab itu, dia mengimbau agar masyarakat memesan tiket sedini mungkin dengan menggunakan aplikasi daring.

750 x 100 AD PLACEMENT

Saat ini, kata dia, di pelabuhan tidak ada lagi konter tiket, hal ini untuk menghindari terjadinya pembelian tiket menggunakan calo atau jasa yang tidak resmi.

“Apa yang dipraktikkan di udara kita terapkan di laut, sehingga bisa tertib dan alhamdulillah ini sudah hari kelima relatif tertib dan tiket tidak ada masalah, mereka sudah beli secara daring, tinggal datang untuk check in saja,” katanya.

Dia menambahkan, di Pelni tidak ada kenaikan harga tiket, jadi harga masih tetap, kemungkinan ada kenaikan di H-7 untuk angkutan orang dan kendaraan. (*)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT