160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Jamur Mata Sapi, Jamur Khas Kaltim yang Tersembunyi di Gunung Beriun

Jamur mata sapi yang berada di tanah © theblackborneoexpedition.com
750 x 100 AD PLACEMENT

SANGATTA, newsborneo.id – Jamur atau sering juga disebut dengan cendawan adalah sejenis tumbuhan tetapi tidak memiliki klorofil, tidak membuat makanan sendiri atau heterotof, hidup sebagai parasit, dan biasanya membentuk lumut kerak.

Untuk habitat, jamur pada umumnya tumbuh dan berkembang pada kondisi lingkungan yang lembab. Pada umumnya jamur dapat hidup dengan cara melakukan simbiosis mutualisme. Dengan menyerap makanan dari organisme lainya yang menghasilkan zat tertentu yang dapat berguna bagi simbionya.

Salah satu lingkungan yang cocok sebagai tempat hidup jamur tersebut adalah pada kawasan Gunung Beriun, kawasan karst Sangkulirang Mangkalihat, Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur,, Kalimantan Timur. Kawasan ini cocok, karena pada umunya kawasan hutan Kalimantan masih memiliki kondisi yang alami dan terjaga.

Lingkungan yang masih alami ini membuat berbagai jenis flora unik dapat tumbuh dan berkembang. Salah satu flora unik tersebut adalah jamur mata sapi yang terdapat di sekitar kawasan Gunung Beriun.

750 x 100 AD PLACEMENT
Penampakan jamur mata sapi | Foto: LuarRuang.com

Disebut mata sapi karena jamur ini memiliki karakteristik seperti mata sapi dengan lapisan lendir yang bening pada bagian luar tetapi memiliki bagian padat di dalamnya seperti jamur pada umumnya.

Gunung Beriun sendiri memiliki luas area yang mencapai 25.870 hektare. Dari total luas tersebut hanya sekitar 5.265 hektare yang dijadikan hutan lindung. Dan sebagian lainya adalah hutan produksi terbatas yang memiliki luas 20.605 hektare.

Masyarakat sekitar menggunakan jamur mata sapi ini untuk pengobatan seperti menurunkan kolesterol, untuk meningkatkan stamina, mengobati diabetes, asma, juga jantung. Dan jamur ini sendiri baru dapat dijumpai pada ketinggian sekitar 561 mdpl berada di dekat lumut-lumut yang menghampar di tanah.

Jamur mata sapi adalah satu dari sekian contoh flora unik dan tentunya masih banyak flora unik lain berada di luar sana. Maka memastikan lingkungan hutan tetap seimbang dan terjaga akan membuat berbagai flora ataupun fauna tetap lestari. [rik]

750 x 100 AD PLACEMENT
Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Satu komentar tentang “Jamur Mata Sapi, Jamur Khas Kaltim yang Tersembunyi di Gunung Beriun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT