Jalan Tol Akses IKN Seksi 3A Rampung, Perjalanan Balikpapan–IKN Hanya 60 Menit

Redaksi
19 Agu 2025 21:21
2 menit membaca

BALIKPAPAN – PT Hutama Karya (Persero) mengumumkan selesainya konstruksi Jalan Tol Akses Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Seksi 3A Karangjoang–KKT Kariangau.

Executive Vice President Hutama Karya, Adjib Al Hakim, menjelaskan ruas tol ini kini terkoneksi langsung dengan Tol Balikpapan–Samarinda (Balsam).

“Seksi 3A terhubung langsung ke Tol Balikpapan–Samarinda sehingga perjalanan Balikpapan–IKN hanya sekitar satu jam. Akses lebih singkat ini mendukung mobilitas masyarakat, pemerintah, dan pelaku usaha,” ujar Adjib, Senin (18/8/2025).

Tol Akses IKN Seksi 3A rampung lebih cepat dari target awal Desember 2025. Dengan penyelesaian ini, waktu tempuh Balikpapan–IKN yang sebelumnya 2–3 jam kini berkurang drastis menjadi hanya 1 jam.

Dari sisi teknis, ruas tol ini memiliki 3 lajur dengan lebar total 16,15 meter. Dilengkapi 3 jembatan melintasi Sungai Wain dengan total bentang ±1.135 meter, 4 overpass, dan 1 underpass.

Konstruksi menyesuaikan kondisi geoteknik, dengan ±3,97 km elevated (struktur bertiang) dan ±4,17 km at grade (di permukaan tanah).

Saat ini, ruas tol Seksi 3A sedang dalam proses Provisional Hand Over (PHO) dari kontraktor ke pemerintah. Setelah itu, akan memasuki masa pemeliharaan selama 720 hari untuk memastikan keselamatan dan kualitas perkerasan.

Operasional penuh Tol IKN untuk umum baru akan dilakukan setelah seluruh jaringan Seksi 1A–6C tersambung, diproyeksikan rampung pada 2028.

Adjib menambahkan, Tol Seksi 3A menjadi unik karena tiga kali melewati sungai berkelok dan dilintasi kapal tongkang, menjadikannya satu-satunya di Indonesia dengan karakteristik ini.

“Tol ini akan menjadi akses strategis dan ikon baru transportasi modern di Kaltim,” pungkasnya. (DIAS)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

@media print { .c-float-ad-left { display: none !important; } .c-float-ad-right { display: none !important; } .c-author { display: none !important; } } .c-float-ad-left { display: none !important; } .c-float-ad-right { display: none !important; } .c-author { display: none !important; } .c-also-read { display: none !important; } .single-post figure.post-image { margin: 30px 0 25px; } #pf-content img.mediumImage, #pf-content figure.mediumImage { display: none !important; }