160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Tenggiling Hamil Ditemukan Warga Sangkulirang, Dievakuasi bersama BKSDA

Taufik Hidayat meminta bantuan instansi terkait untuk dapat mengevakuasi Tenggiling tersebut dan memberikan perawatan maksimal.
750 x 100 AD PLACEMENT

newsborneo.idSatwa langka, Tenggiling hamil ditemukan warga Sangkulirang, Kutai Timur. Warga setempat bernama Taufik Hidayat mengevakuasi satwa langka itu.

Menurut keterangan Hidayat, awalnya seorang warga setempat membawa Tenggiling tersebut ke rumahnya. Warga tersebut berniat untuk menjualnya seharga Rp 500 ribu.

Karena mengetahui bahwa Tenggiling merupakan satwa dilindungi, Taufik kemudian membelinya. Rencananya, Taufik akan melepaskan Tenggiling yang bernama latin Manis javanica itu ke habitatnya di hutan.

“Berlangsung sekitar 4 hari yang lalu, ada warga datang ke tempat kami membawa Tenggiling untuk dijual. Karena kami tahu bahwa Tenggiling adalah hewan yang dilindungi kemudian kami membeli seharga Rp500 ribu, dengan maksud akan kami rilis di hutan sekitar,” ujar Taufik Hidayat, Sabtu 23 Juli 2022.

750 x 100 AD PLACEMENT

Taufik melanjutkan, ternyata kondisi Tenggiling dalam keadaan hamil. Tenggiling tersebut melahirkan 1 ekor anaknya.

“Kondisi tersebut tidak memungkinkan untuk dirilis mengingat bayinya masih kecil dan perlu perawatan induknya,” ujar Taufik menambahkan.

Taufik pun kemudian membuat kandang sederhana untuk Tenggiling tersebut. Tujuannya agar bayi Tenggiling bisa disusui oleh induknya tanpa terganggu.

Kini, Taufik Hidayat meminta bantuan instansi terkait untuk dapat mengevakuasi Tenggiling tersebut dan memberikan perawatan maksimal.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Karena kami kurang paham cara merawatnya dan bukan kewenangan kami, maka kami akan menyerahkan ke dinas terkait (BKSDA) untuk dirawat dan dikarantina,” ujar Taufik Hidayat.

Taufik juga memberikan informasi bahwa kondisi Tenggiling tersebut saat ini dalam keadaan stabil dengan anaknya.**

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT