160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
930 x 180 AD PLACEMENT

Galang Keberdayaan Hingga ke Pelosok Desa, Dispora Kaltim Bakal Gelar SPPDK

Bahri, Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim
750 x 100 AD PLACEMENT

DINAS Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) terus menjalankan misinya untuk memberdayakan pemuda di wilayahnya, khususnya melalui program pemberdayaan pemuda yang merambah hingga ke tingkat desa dan kelurahan. Upaya terbaru mereka, Sentra Pemberdayaan Pemuda Desa/Kelurahan (SPPDK), akan segera dilaksanakan di Kutai Kartanegara pada 13 November 2023, menandai komitmen nyata dalam melibatkan pemuda dalam proses pembangunan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri, menjelaskan bahwa SPPDK merupakan inisiatif pertama Dispora Kaltim yang dipandu oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Prosesnya dimulai dengan sensus pemuda, pembuatan data spasial desa/kelurahan, dan melibatkan akademisi dari IPB Bogor sebagai mitra Kemenpora dalam program ini.

“SPPDK akan memberikan hasil data yang menggambarkan profil pemuda di desa/kelurahan, termasuk jumlah pemuda, status pendidikan, kegiatan pekerjaan, dan kontribusi mereka dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). Data ini tidak hanya bermanfaat di bidang pemuda, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk perencanaan kegiatan dan program di suatu wilayah,” jelas Bahri.

Bahri menekankan bahwa melibatkan pemuda lokal dalam pendataan adalah kunci untuk mendapatkan data yang valid. Pelibatan pemuda setempat akan mendapatkan pembekalan agar hasil pendataan dapat digunakan secara optimal. Data yang dihasilkan dari SPPDK akan menjadi dasar pengambilan kebijakan, termasuk pembentukan klaster pelatihan, seperti pelatihan kewirausahaan pemuda.

Selain SPPDK, Dispora Kaltim juga akan menggelar sosialisasi pemberdayaan pemuda di Kutai Barat dan Mahakam Ulu pada 13-16 November 2023. Kegiatan ini menjadi sarana penting untuk meningkatkan pemahaman pemuda akan pentingnya pemberdayaan dan merangsang partisipasi aktif mereka.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dengan langkah-langkah ini, Dispora Kaltim bertujuan untuk mendorong transformasi positif pemuda Kalimantan Timur. Pemberdayaan yang mencakup berbagai lapisan masyarakat diharapkan dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan pemuda. (adv)

Print Friendly, PDF & Email

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT